Advertisement

Desa di Sleman Ini Bakal Dijadikan Desa Wisata Halal

Uli Febriarni
Jum'at, 05 Juli 2019 - 16:37 WIB
Bhekti Suryani
Desa di Sleman Ini Bakal Dijadikan Desa Wisata Halal Perwakilan dari Desa Wisata Pulesari menampilkan Tari Salak dalam final Festival Desa 2018 di Desa Wisata Kelor, Desa Bangunkerto, Kecamatan Turi, Sleman, Minggu (18/11/2018). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- KKN Tematik Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) mengembangkan Dusun Pulesari, Desa Wonokerto, Turi, Sleman sebagai desa wisata bersertifikat halal.

DPL KKN tematik Kajian Halal, Imelda Fajriati menjelaskan, Dusun Pulesari dipilih menjadi salah satu pilot project destinasi desa wisata halal di Sleman, sebagai bentuk mendukung upaya pemerintah dalam menyongsong wajib Halal 2019 ini. Selain itu, sejalan dengan salah satu tema kegiatan KKN Tematik UIN Sunan Kalijaga Angkatan 99, yang mengangkat tentang Kajian Halal di kawasan setempat.

Advertisement

Dengan menjadikan desa wisata halal di Pulesari, Wonokerto, maka dapat mendukung terwujudnya Sleman sebagai salah satu destinasi wisata halal di Indonesia.

"Hal itu selaras dengan prestasi Global Halal Tourism 2019 yang menempatkan Indonesia sebagai peringkat pertama," kata perempuan yang juga pengelola Halal Center UIN Suka itu, Jumat (5/7/2019).

Ia menambahkan, kegiatan tersebut telah mendapat dukungan dari Dinas Pariwisata Sleman. Terlebih mengingat Dusun Pulesari yang menjadi lokasi KKN dan berada di lereng gunung Merapi, sangat potensial untuk dikembangkan.

"Di sana ada banyak produk unggulan daerah, seperti salak," ujarnya.

Kedepan, Halal Center UIN akan bekerjasama dan mendukung program wisata halal di daerah unggulan wisata Sleman.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih menuturkan, wisata halal merupakan alternatif pilihan inovasi, yang dapat dilakukan para pelaku desa wisata di Sleman, untuk memberikan layanan yang lebih baik dan memberikan kenyamanan bagi wisatawan-wisatawan muslim maupun non muslim yang berkunjung ke desa wisata.

"Ada jaminan atas kualitas produk boga yang dihasilkan, lebih terjaga kualitas dan halalnya. Begitu juga kenyamanan dan keamanan penginapan tentunya lebih terjaga," kata dia.

Menurut dia, desa wisata halal juga akan lebih meningkatkan kualitas sajian kesenian yang dipertunjukan sebagai atraksi di desa wisata setempat. Ia berharap, aktivitas pariwisata di desa-desa wisata di Sleman bukan saja memberikan nilai tambah ekonomi saja. Melainkan juga mampu menciptakan lapangan kerja bagi warga sekitar dan meningkatkan rasa memiliki yang lebih atas desanya.

"Rasa memiliki bisa membentuk rasa kolektif warga untuk bergerak dinamis dan menjaga kesinambungan aset-aset wisata yang dimiliki. Baik berupa potensi alam dan budaya yang ada," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Awas Migrain Terkait Erat dengan Meningkatnya Risiko Stroke

Lifestyle
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement