Advertisement

Pameran Lukisan Digelar di Kampung Wisata Warungboto

Sunartono
Jum'at, 06 September 2019 - 05:57 WIB
Sunartono
Pameran Lukisan Digelar di Kampung Wisata Warungboto Seniman Lukis Jogja Antonius Rommy Iskandar (kiri) di sela-sela pra pembukaan pameran di OK Gallery, Kamis (5/9/2019). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAPameran lukisan hasil karya dari seniman lukis 100 negara digelar di Ok Gallery Jalan Veteran 76A, Warungboto, Kota Jogja pada 6 hingga 12 September 2019. Pameran itu sekaligus untuk mendukung keberadaan Kampung Wisata Warungboto.

Seniman Lukis Jogja Antonius Rommy Iskandar menjelaskan lukisan yang dipamerkan itu merupakan hasil karya pelukis 100 seniman dari 100 negara. Lokasi pameran berada di OK Gallery yang jaraknya dekat dengan tempat wisata situs Warungboto. Event itu dihadiri langsung oleh kurator yang juga Presiden Inter Art Foundation Rumania Stefan Balog.

Advertisement

“Dalam pemeran ini tidak ada transaksi jual beli [lukisan]. Kami mengajak warga dan akhirnya bersama-sama dengan pengurus kampung wisata. Karena kami ingin Warungboto ini juga bisa dikenal karena selain menyimpan sejarah, banyak potensi yang bisa digali,” katanya, Kamis (5/9/2019).

Pemilik OK Gallery ini mengatakan pameran itu mengangkat tema Culture Impression di mana setiap karya mewakili identitas budaya masing-masing negara. Hal ini bisa menjadi edukasi bagi para pengunjung untuk melihat karya lukis dari berbagai negara. Pengunjung bisa menikmati pameran lukisan di sela-sela mengunjungi situs Warungboto yang lokasinya hanya dipisahkan oleh Jalan Veteran.

“Kemudian ada melukis bersama di situs Warungboto ini pada 8 September,” ujarnya.

Pameran itu rencananya akan dihadiri sejumlah pelukis dari berbagai negara. Pembukaan dilakukan Jumat (6/9/2019) malam, yang diawali dengan parade prajurit bregodo serta para seniman dari Situs Warungboto menuju OK Gallery tempat pameran.  

Ketua Kampung Wisata Warungboto, Kota Jogja Purnomo menyambut baik digelarnya pameran di OK Gallery. K eberadaan event tersebut bisa mendatangkan pengunjung ke Warungboto yang saat ini wisatanya mulai berkembang. Apalagi, pameran itu melibatkan seniman dari berbagai negara, ia menilai bisa menjadi nilai positif bagi Kampung Wisata Warungboto.

Purnomo menambahkan, dukungan pertunjukan tarian secara khusus mengangkat tema tentang ketahanan pangan yang musiknya diiringi oleh gejog lesung. Pihaknya sudah menyiapkan parade khusus untuk mengawal Rommy Iskandar bersama seniman dari sejumlah negara, dari Situs Warungboto menuju ke lokasi pameran.

 “Ini bisa mengangkat nama Warungboto, bisa lebih dikenal. Karena kami punya banyak potensi untuk dukungan wisata, ada kerajinan, kesenian olahan pangan, ada aksesoris dari kulit, souvenir daur ulang, banyak sekali hasil karya warga yang bisa dikembangkan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Api Prameks Jogja-Kutoarjo Rabu 24 April 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Resep Jangan Ndeso Lombok Ijo Khas Gunungkidul yang Nikmat untuk Disantap

Lifestyle
| Senin, 22 April 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement