Sleman Kembangkan Sport Tourism

Ilustrasi sepeda - HarianJogja/Gigih M. Hanafi
19 Maret 2021 09:17 WIB Abdul Hamied Razak Wisata Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Dinas Pariwisata Sleman terus berupaya mengembangkan inovasi untuk menarik daya tarik wisatawan. Saat ini, Sleman sedang mengembangkan sport tourism.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Suci Iriani mengatakan kebangkitan sektor pariwisata dapat membantu mengangkat subsektor lainnya seperti UKM, bidang jasa dan lainnya.

"Saat ini Sleman sedang mengembangkan Sport Tourism. Event yang telah berjalan yaitu Sleman Temple Run dan Tour de Prambanan," katanya, Kamis (18/3/2021).

BACA JUGA : Tour de Ambarrukmo Dorong Sport Tourism di DIY

Selama ini, sektor pariwisata menyumbang PAD sebesar 25%. Namun adanya pandemi Covid-19 ini, sektor pariwisata juga merasakan imbasnya. Hal ini terbukti dari penurunan kunjungan wisatawan di Sleman. Jika pada 2018 kunjungan sebanyak 8 juta wisatawan, pada 2019 sebanyak 10 juta wisatawan dan pada 2020 lalu kunjungan menurun menjadi 4 juta wisatawan saja.

"Kami berharap event Sleman Temple Run pada tahun ini tetap bisa dilaksanakan untuk menarik minat wisatawan datang ke Sleman dan menaikkan kembali pendapatan asli daerah (PAD)," katanya.

BACA JUGA : Bank BPD DIY Bantu Kembangkan Sport Tourism

Sementara Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo berharap sektor pariwisata di Sleman mulai bangkit pada 2021 ini. "Kami akan berdiskusi terkait pariwisata di Kabupaten Sleman untuk dipersiapkan sebaik mungkin,” ujarnya.