Lapar Setelah Hiking di Sepikul, Coba Lezatnya Roti Widoro

Roti Widoro khas Sukoharjo. - Instagram @its.dewarekha
21 Agustus 2021 07:27 WIB Lajeng Padmaratri Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Jika berkunjung ke Sukoharjo, tak lengkap rasanya jika Anda tidak mencicipi kuliner khas setempat yaitu Roti Widoro. Camilan ini diproduksi di Dusun Widoro, Desa Kepuh, Kecamatan Nguter, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Dilansir dari Solopos, roti bolu ini diciptakan oleh Mbah Wongsodinomo yang pernah menjadi koki di Kraton Surakarta. Usaha Roti Widoro didirikan sejak 1922 dan masih eksis sampai sekarang.

Keunikan roti ini terletak pada bahan yang digunakan. Jika roti pada umumnya menggunakan telur ayam, maka pencipta Roti Widoro memilih telur bebek dengan pertimbangan mengandung protein yang lebih tinggi dari telur ayam.

Selain itu, komposisi gula pasir dalam roti ini juga cukup banyak. Fungsinya sebagai pemanis sekaligus pengawet alami. Menariknya lagi, adonan Roti Widoro dicampuri kulit jeruk purut agar lebih tahan lama dan penetralisir dari bau amis telur bebek.

Roti Widoro kerap dijadikan buah tangan karena keawetan dan harganya yang terjangkau. Satu buah Roti Widoro berkisar antara Rp5.000-7.000. Kini, Roti Widoro juga bisa dibeli secara daring melalui media sosial dan sejumlah platform lokapasar.