Advertisement

Lapar Setelah Hiking di Sepikul, Coba Lezatnya Roti Widoro

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 21 Agustus 2021 - 07:27 WIB
Arief Junianto
Lapar Setelah Hiking di Sepikul, Coba Lezatnya Roti Widoro Roti Widoro khas Sukoharjo. - Instagram @its.dewarekha

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Jika berkunjung ke Sukoharjo, tak lengkap rasanya jika Anda tidak mencicipi kuliner khas setempat yaitu Roti Widoro. Camilan ini diproduksi di Dusun Widoro, Desa Kepuh, Kecamatan Nguter, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Dilansir dari Solopos, roti bolu ini diciptakan oleh Mbah Wongsodinomo yang pernah menjadi koki di Kraton Surakarta. Usaha Roti Widoro didirikan sejak 1922 dan masih eksis sampai sekarang.

Advertisement

Keunikan roti ini terletak pada bahan yang digunakan. Jika roti pada umumnya menggunakan telur ayam, maka pencipta Roti Widoro memilih telur bebek dengan pertimbangan mengandung protein yang lebih tinggi dari telur ayam.

Selain itu, komposisi gula pasir dalam roti ini juga cukup banyak. Fungsinya sebagai pemanis sekaligus pengawet alami. Menariknya lagi, adonan Roti Widoro dicampuri kulit jeruk purut agar lebih tahan lama dan penetralisir dari bau amis telur bebek.

Roti Widoro kerap dijadikan buah tangan karena keawetan dan harganya yang terjangkau. Satu buah Roti Widoro berkisar antara Rp5.000-7.000. Kini, Roti Widoro juga bisa dibeli secara daring melalui media sosial dan sejumlah platform lokapasar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Mulailah Perjalanan Kuliner di sepanjang Pesisir Aegea di Turki

Lifestyle
| Jum'at, 26 April 2024, 03:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement