Puas Berwisata di Embung Potorono, Jangan Lupa Menyeruput Teh Telang

Teh telang produksi warga di sekitar Embung Potorono. - Instagram @house_of_telang
25 September 2021 09:27 WIB Lajeng Padmaratri Wisata Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Di Banguntapan, Bantul, tepatnya di sekitar Embung Potorono, Kalurahan Potorono, Kapanewon Banguntapan, Bantul, banyak masyarakat setempat yang mengolah tumbuhan telang atau butterfly pea menjadi olahan minuman. Meskipun wilayah ini tidak menjadi sentra telang, namun banyak warga yang memiliki kebun telang dan dimanfaatkan untuk membuat minuman.

Bunga telang setelah dipanen itu kemudian dikeringkan dan bisa langsung diseduh untuk minuman. Warga pun menjual telang kering tersebut dalam kemasan mulai dari 10 gram. Ada pula yang mengolahnya menjadi telang dalam kemasan celup hingga milk tea.

Warga setempat meyakini teh telang tak hanya sehat, namun juga kaya manfaat. Minuman ini merupakan salah satu sumber antioksidan.

Selain digunakan untuk seduhan minuman, telang kering juga bisa digunakan sebagai campuran makanan. Mulai dari bolu hingga nasi biru.

Bagi Anda yang tertarik membeli olahan telang dari Banguntapan ini juga bisa memesannya via daring. Saat ini, warga setempat banyak yang menjual telang kering itu melalui media sosial dan marketplace.