Advertisement

Puas Berwisata di Embung Potorono, Jangan Lupa Menyeruput Teh Telang

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 25 September 2021 - 09:27 WIB
Arief Junianto
Puas Berwisata di Embung Potorono, Jangan Lupa Menyeruput Teh Telang Teh telang produksi warga di sekitar Embung Potorono. - Instagram @house_of_telang

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Di Banguntapan, Bantul, tepatnya di sekitar Embung Potorono, Kalurahan Potorono, Kapanewon Banguntapan, Bantul, banyak masyarakat setempat yang mengolah tumbuhan telang atau butterfly pea menjadi olahan minuman. Meskipun wilayah ini tidak menjadi sentra telang, namun banyak warga yang memiliki kebun telang dan dimanfaatkan untuk membuat minuman.

Bunga telang setelah dipanen itu kemudian dikeringkan dan bisa langsung diseduh untuk minuman. Warga pun menjual telang kering tersebut dalam kemasan mulai dari 10 gram. Ada pula yang mengolahnya menjadi telang dalam kemasan celup hingga milk tea.

Advertisement

Warga setempat meyakini teh telang tak hanya sehat, namun juga kaya manfaat. Minuman ini merupakan salah satu sumber antioksidan.

Selain digunakan untuk seduhan minuman, telang kering juga bisa digunakan sebagai campuran makanan. Mulai dari bolu hingga nasi biru.

Bagi Anda yang tertarik membeli olahan telang dari Banguntapan ini juga bisa memesannya via daring. Saat ini, warga setempat banyak yang menjual telang kering itu melalui media sosial dan marketplace.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Awas Migrain Terkait Erat dengan Meningkatnya Risiko Stroke

Lifestyle
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement