Advertisement

Calendar of Event Pariwisata Sleman 2022 Diluncurkan, Fokus pada Sport Tourism

Abdul Hamied Razak
Senin, 31 Januari 2022 - 21:47 WIB
Budi Cahyana
Calendar of Event Pariwisata Sleman 2022 Diluncurkan, Fokus pada Sport Tourism Pentas tari dalam peluncuran Calendar of Event Pariwisata 2022 Sleman di Ruas Bambu Nusa, Cangkringan, Sabtu (29/1/2022). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemkab Sleman meluncurkan Calendar of Event Pariwisata 2022. Daftar kegiatan wisata tahun ini didominasi event sport tourism.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa optimististis dengan penyelenggaraan pariwisata tahun ini setelah hampir dua tahun terdampak pandemi Covid-19. Dia menyebut tahun ini sebagai tahun kebangkitan pariwisata Sleman untuk menggerakkan kembali perekonomian masyarakat.

BACA JUGA: Mumpung Akhir Pekan, Yuk Berburu Golden Sunrise di Jogja! Ini Tempatnya..

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

"Sesuai kalender kegiatan, Sleman akan menyelenggarakan berbagai kegiatan di bidang pariwisata dan UMKM yang akan menjadi tumpuan dalam pemulihan perekonomian," kata Danang di sela-sela peluncuran Calendar of Event Pariwisata 2022 di Ruas Bambu Nusa, Cangkringan, Sabtu (29/1/2022).

Danang menyebut agenda pariwisata tahunan yang sudah disiapkan di antaranya Sleman Temple Run, Tour de Prambanan, Volcano Run dan agenda budaya lainnya. Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi pengungkit bangkitnya aktivitas perekonomian di Sleman.

Dalam kalender kegiatan 2022, terdapat 70 acara baik kegiatan budaya, festival maupun acara olahraga yang dapat dihadiri oleh wisatawan. "Penyelenggaraan agenda ini tentu ada konsekuensi yang harus ditanggung bersama, tidak hanya oleh Pemkab tetapi juga oleh para penyelenggara," katanya.

Dia mengatakan kredibilitas Pemkab dan penyelenggara dipertaruhkan sehingga event yang sudah terdaftar harus dipersiapkan dan diselenggarakan secara profesional. Tujuannya agar wisatawan yang datang puas dengan event yang digelar.

BACA JUGA: Mengenal 8 Destinasi Wisata di Dieng Wonosobo, Adem Bener!

Danang juga mengingatkan agar penyelenggaraan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sebab, pandemi Covid-19 masih terjadi sehingga penerapan prokes diharapkan bisa mencegah persebaran Covid-19.

Advertisement

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman, Suparmono mengatakan tema kalender kegiatan wisata 2022 ini mengusung Sport Tourism, Leisure and Wellness. Tema yang diusung ini tidak terlepas dari ditunjuknya Sleman sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY mulai 1-9 September 2022.

"Terkait dengan pelaksanaan Porda XVI, setidaknya ada tiga sport tourism event yang digelar yaitu Golf Piala Gubernur [26 Maret 2022], Inline Skate Marathon [29 Mei 2022], dan Tour de Prambanan [30 Juli 2022]," katanya.

Festival Van der Wijck (18-19 Maret 2022) juga digelar untuk memeriahkan Tingalan Jumenengan Dalem Sri Sultan HB X dan peringatan Hari Air Sedunia. Kegiatan ini diupayakan semaksimal mungkin dapat menjadi signature event dari Sleman yang masuk dalam Kemilau Event Nusantara di 2023.

Advertisement

BACA JUGA: Mau Camping di Jogja yang Biayanya di Bawah Rp20.000? Ini Dia Tempatnya

Hampir semua event wisata di Sleman yang terjadwal pada tahun 2022, katanya, merupakan kolaborasi. Dispar menjadikan nyawiji menjadi strategi utama dalam pelaksanaan agenda tersebut.

"Nyawiji bukan hanya berarti menjadi satu, namun lebih dimaknai sebagai kolaborasi antar-stakeholder. Hal ini tidak lepas dari perbedaan keunggulan yang dimiliki masing-masing stakeholders," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pemkot Jogja Waspadai Inflasi Melonjak di Akhir Tahun

Jogja
| Rabu, 05 Oktober 2022, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Selain Bikin Kulit Cantik dan Sehat, Kenali 5 Manfaat Lain dari Kolagen

Lifestyle
| Rabu, 05 Oktober 2022, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement