Advertisement

Tidak Hanya Ullen Sentalu, Objek Wisata Ini Juga Punya Aturan Dilarang Motret

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 05 Maret 2022 - 14:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tidak Hanya Ullen Sentalu, Objek Wisata Ini Juga Punya Aturan Dilarang Motret Iriana Jokowi membagikan hadiah berupa satu unit laptop kepada siswa berprestasi di DIY yang berasal dari panti binaan Dinas Sosial DIY di Gedung Agung Yogyakarta, Senin (14/5/2018). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Pengelola objek wisata museum memiliki aturan masing-masing untuk menjaga orisinalitas koleksi yang ada di dalamnya. Salah satunya aturan tentang larangan memotret.

Museum terkenal di Jogja yang terus menerapkan larangan tersebut adalah Ullen Sentalu. Selama tour museum, wisatawan sama sekali tidak boleh memotret koleksi yang ada atau merekam penjelasan pemandu.

Advertisement

Selain Ullen Sentalu, masih ada objek wisata lain di Jogja yang menerapkan larangan serupa.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini objek wisata di Jogja yang melarang pengunjung memotret selama tour di dalam museum:

1. Ullen Sentalu

Ullen Sentalu merupakan museum yang terletak di kawasan wisata Kaliurang.Tepatnya di Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman. Museum ini menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram beserta koleksi bermacam-macam batik.

Menurut penjelasan pengelola museum, pengunjung dilarang memotret selama tour agar lebih memerhatikan setiap penjelasan pemandu wisata dan memahami koleksi yang dilihat.

"Untuk lebih respect terhadap koleksi, di antaranya meminimalisir duplikasi Untuk lebih pay attention kepada tour. Bila setiap pengunjung sibuk selfie
 tour museum jadi tidak diperhatikan," kata Humas Ullen Sentalu, Isti Yunaida kepada Harianjogja.com, Sabtu (5/3/2022).

2. Museum Batik Kraton Jogja

Museum ini berada di dalam kompleks Kraton Jogja, tepatnya di Gedhong Kapa sisi barat bangunan kraton. Pengunjung dilarang membawa alat perekam seperti handphone maupun kamera agar tidak bisa merekam dan memotret aktivitas selama tour museum.

Di dalam museum ini terdapat beragam motif kain batik dari zaman Sultan Hamengku Buwono VII hingga sekarang. Asalnya dari hibah kerabat kraton, pengusaha batik dan dari kolektor batik.

Advertisement

Adanya larangan memotret bertujuan agar beragam motif tersebut tidak dibajak.

3. Museum Affandi

Kembali di seputaran Sleman, ada museum terkenal bernama Museum Affandi. Museum ini berada di pinggir Sungai Gajah Wong tepatnya di Jalan Laksda Adisucipto No.167, Papringan, Caturtunggal, Depok, Sleman.

Museum ini memamerkan koleksi lukisan dari sang maestro seni lukis bernama Affandi. Ada pula lukisan Popo Iskandar, Basuki Abdullah, Hendra Gunawan, hingga Barli.

Advertisement

Beberapa aturan diterapkan selama tour di dalam museum ini antara lain dilarang memotret lukisan secara close up, dilarang memotret dengan menggunakan lampu flash dan tidak boleh menyentuh barang yang dipajang di museum.

4. Istana Kepresidenan Yogyakarta

Istana Kepresidenan Yogyakarta merupakan rumah bagi Presiden Republik Indonesia. Jika Presiden Joko Widodo sedang bertugas di Jogja, presiden selalu tinggal di tempat yang dikenal dengan Gedung Agung ini.

Meski menjadi tempat tinggal presiden, siapa saja boleh masuk asal berpenampilan sopan. Memakai kemeja bagi pria, atau rok di bawah lutut bagi kaum wanita.

Selain itu ada aturan bahwa selama di dalam gedung, pengunjung dilarang memotret dengan perangkat kamera apapun termasuk handphone. Pengunjung baru diizinkan berfoto-foto saat ada di luar gedung, seperti di halaman dan teras.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Peringati HANI, Pemuda Maguwoharjo Bagi Stiker Bahaya Narkoba

Jogja
| Senin, 27 Juni 2022, 11:27 WIB

Advertisement

alt

5 Zodiak yang Sangat Keras Kepala, Kamu Termasuk?

Lifestyle
| Senin, 27 Juni 2022, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement