Advertisement

Heboh Tiket Borobudur Rp750.000, Ini Tiket Masuk ke 10 Candi di Jogja. Ada yang Gratis Malahan..

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 07 Juni 2022 - 13:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Heboh Tiket Borobudur Rp750.000, Ini Tiket Masuk ke 10 Candi di Jogja. Ada yang Gratis Malahan.. nPetugas melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Ratu Boko Prambanan. - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Pemerintah berencana menaikkan tiket naik ke Candi Borobudur menjadi Rp750.000 untuk wisatawan lokal. Kenaikan harga tersebut dinilai sangat drastis karena tiket sebelumnya hanya Rp50.000 untuk dewasa dan Rp25.000 untuk anak-anak.

Candi memang menjadi destinasi wisata yang mencuri perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara. wisatawan yang menyukai sejarah biasanya akan menyempatkan diri mengunjungi candi.

Advertisement

Borobudur di Jawa Tengah menjadi salah satu candi populer di Indonesia. Namun di Jogja juga punya banyak situs candi yang tersebar di berbagai tempat dan menjadi objek wisata favorit. Salah satu yang terkenal adalah Candi Prambanan, candi bercorak Hindu yang lokasinya berada di ujung timur wilayah DIY, berbatasan dengan Klaten Jawa Tengah.

Selain Candi Prambanan masih ada lagi Candi Ratu Boko yang lokasinya juga berada di Prambanan. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar candi-candi di Jogja, berikut ini daftar objek wisata candi di Jogja lengkap dengan lokasi dan harga tiketnya yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Candi Prambanan

Objek wisata ini begitu populer di mata dunia sehingga banyak turis asing yang hilir mudik menikmati kegagahan candi Hindu ini. Lokasinya berada Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan.

Mengutip Wikipedia, Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu dewa Brahma sebagai dewa pencipta, dewa Wisnu sebagai dewa pemelihara, dan dewa Siwa sebagai dewa pemusnah. Harga tiket masuk untuk dewasa Rp50.000 dan anak-anak Rp25.000.

2. Candi Ratu Boko

Situs Ratu Boko atau Istana Raja Baka adalah situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari kompleks Candi Prambanan atau tepatnya di Jl. Raya Piyungan - Prambanan No.2, Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tiket masuknya Rp40.000 untuk dewasa dan Rp20.000 untuk anak-anak.

3. Candi Banyunibo

Candi ini merupakan candi Budha yang berada tidak jauh dari Candi Ratu Boko, yaitu di bagian sebelah timur dari Kota Yogyakarta ke arah Kota Wonosari. Sekitar 5,6 km ke arah selatan dari candi Prambanan, dan secara administratif terletak di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman.

Harga tiket masuk per orang hanyalah Rp5.000. Sementara untuk parkir mobil Rp5.000 dan motor Rp2.000.

4. Candi Sari

Candi Sari juga disebut Candi Bendah adalah candi Budha yang berada tidak jauh dari Candi Sambisari, Candi Kalasan dan Candi Prambanan. Tepatnya di Dusun Bendan, Tirtomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571. Harga tiket masuknya hanya Rp3.000.

5. Candi Sambisari

Lokasinya di Purwomartani, Kalasan, Sleman. Candi ini diperkirakan dibangun pada dekade awal abad ke-9 pada masa pemerintahan Raja Rakai Garung yang berkuasa di Kerajaan Mataram Kuno dari Wangsa Syailendra.

Perkiraan ini didasarkan pada gaya tulisan lempengan emas yang terbaca "om shiva shtana" yang ditemukan 1977 di kompleks candi ini, serta informasi dari prasasti Wanua Tengah III yang menyebutkan bahwa Rakai Garung memerintah Medang pada awal abad ke-9.

Harga tiketnya hanay Rp5.000 per orang. Untuk menuju ke candi, pengunjung harus berjalan turun karena candi ini berada di 6,5 meter dari permukaan tanah.

6. Candi Kalasan

Candi Kalasan atau Candi Kalibening merupakan sebuah Bangunan Cagar Budaya yang dikategorikan sebagai candi umat Budha. Candi ini terletak di Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Karena untuk menikmati keindahan Candi Kalasan, anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Harga tiket masuk candi kalasan sendiri yaitu Rp.5.000 untuk wisatawan domestik dan Rp.10.000 untuk mancanegara. Sedangkan untuk biaya tambahan lain ketika mengunjungi Candi Jogja Kalasan yaitu retribusi parkir wisata.

7. Candi Ijo

Sama dengan Candi Prambanan, Candi Ijo juga bercorak Hindu. Lokasinya di Jl. Candi Ijo, Nglengkong, Sambirejo, Prambanan, Sleman. Candi ini diperkirakan dibangun antara abad ke-10 sampai dengan ke-11 Masehi pada saat zaman Kerajaan Medang periode Mataram.

Letaknya di perbukitan membuat wisatawan dapat menikmati Jogja dari ketinggian. Sebelum bandara baru di Kulonprogo, Yogyakarata International Airport (YIA) beroperasi, wisatawan dapat menyaksikan dengan jelas pesawat yang landing dan take off dari Bandara Adisutjipto. Sunset dari Candi Ijo juga dikenal cantik sehingga banyak wisatawan yang menghabiskan waktu hingga petang hari. Harga tiketnya Rp5.000 per orang. 

8. Candi Abang

Candi Abang berlokasi di Blambangan, Jogotirto, Berbah, Sleman. Berbeda dengan candi lainnya, kompleks Candi Abang justru didominasi gundukan hijau menyerupai bukit.

Pengunjung yang berada di sini bisa menikmati pemandangan Kecamatan Berbah dari ketinggian karena lokasi candi ini ada di atas bukit. Harga tiket Rp5.000 per orang. 

9. Candi Kedulan

Sesuai namanya, Candi Kedulan terletak di Dusun Kedulan, Tirtomartani, Kalasan, Sleman. Seperti Candi Sambisari, candi ini ditemukan terletak tiga sampai tujuh meter di bawah permukaan tanah, kemungkinan besar karena tertimbun lahar gunung Merapi yang diduga kuat meletus secara besar-besaran pada awal abad ke-11 (kira-kira tahun 1006). Untuk berwisata ke sini, pengunjung tidak ditarik biaya masuk alias gratis.

Bagian bangunan induk Candi Kedulan ditemukan pada tanggal 24 November 1993 secara tidak sengaja oleh penambang pasir di lahan gersang yang merupakan tanah bengkok di Desa Tirtomartani.

10. Candi Barong

Nama barong diberikan oleh masyarakat karena terdapat hiasan kala di relung tubuh candi yang menyerupai barongan, makhluk mistis dalam mitologi Jawa. Candi Barong juga memiliki nama lain, yakni Candi Sari Suragedug.

Candi ini terletak di tenggara Kompleks Ratu Boko, Prambanan, Sleman. Candi Barong berada di atas bukit di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tiket masuk adalah Rp5.000 per orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pertobatan Ekologis dan Persoalan Sampah Jadi Topik Peragaan Jalan Salib di Gereja Ini

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Makna dan Sejarah Telur Paskah, Simbol Kebangkitan Yesus Kristus

Lifestyle
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement