Advertisement

Destinasi Wisata Imlek di Indonesia yang Bisa Kamu Kunjungi

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 18 Januari 2023 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Destinasi Wisata Imlek di Indonesia yang Bisa Kamu Kunjungi Suasana di Wuhan jelang libur Tahun Baru Imlek, 8 Februari 2021. - Reuters/ Aly Song

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebentar lagi, warga keturunan Tionghoa akan merayakan Tahun Baru Imlek 2023. Segala bentuk persiapan menuju perayaan sudah mulai dilakukan, mulai mendekorasi rumah, tempat ibadah, tempat umum, hingga kegiatan ibadah. 

Bagi Anda yang juga ingin menikmati kemeriahan Imlek yang kental, Anda juga bisa mendatangi beberapa daerah di Indonesia ini. Di mana saja? 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Berikut ini destinasi wisata Imlek Indonesia yang bisa Anda kunjungi:

1. Pagoda Taman Alam Lumbini, Karo

Buat Anda yang ingin merayakan Tahun Baru Imlek seperti di Thailand atau Myanmar, Anda dapat berkunjung ke Pagoda Taman Alam Lumbini. Replika Pagoda Shwedagon atau Pagoda Dagon Emas ini berada di Desa Tongkoh, Berastagi, Karo, Sumatra Utara. Memiliki warna keemasan, pagoda ini tampak megah dari kejauhan. Anda akan merasakan nuansa layaknya sedang berlibur di luar negeri.

2. Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang

Kelenteng Sam Poo Kong berlokasi di Jalan Simongan No. 129, Semarang. Kelenteng ini merupakan salah satu bangunan bersejarah sekaligus tempat ibadah dan wisata. Kelenteng ini didirikan dengan tujuan untuk menghormati Laksamana Cheng Ho. Dengan arsitektur khas Tionghoa, kelenteng ini menjadi destinasi seru yang dapat Anda kunjungi ketika perayaan Tahun Baru Imlek.

Baca juga: Sejumlah Makanan Khas Imlek Diyakini Membawa Keberuntungan

3. Singkawang, Kalimantan Barat

Kota Seribu Kelenteng atau Kota Singkawang merupakan salah satu kota sebagai pusat perayaan Tahun Baru Imlek terbesar di Indonesia. Berasal dari kata “San Kew Jong” dalam bahasa Hakka, Singkawang memiliki arti kota di kaki gunung dekat muara laut. Terdapat patung Naga di tengah kota yang menjadi ciri khas dari kota ini. Naga dipercaya sebagai lambang kekuatan dan keberuntungan oleh masyarakat Tionghoa.

4. Kelenteng Sanggar Agung, Surabaya

Terletak di Jalan Sukolilo No. 100, Kelenteng Sanggar Agung sering kali dikenal dengan sebutan Kelenteng Hong Sang Tang. Patung Dewi Kwan Im dengan ketinggian 20 meter menjadi ikon dari kelenteng ini sekaligus membuat tampilannya menjadi semakin megah. Kelenteng Sanggar Agung memiliki bangunan yang unik karena pada bagian atapnya menggunakan corak bangunan Jawa. Sedangkan pada bagian bawahnya kental akan nuansa Bali sehingga kelenteng ini tidak terkesan hanya unsur budaya Tionghoa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pemahaman tentang Kanker Akan Turunkan Risiko Kematian

Sleman
| Senin, 06 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Bahaya Tidak Melepas Anting saat Tidur

Lifestyle
| Selasa, 07 Februari 2023, 04:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement