Advertisement

Eksotisme Pantai Mesra, Bisa Nyeberang ke Pantai Sebelah

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 24 Januari 2023 - 08:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Eksotisme Pantai Mesra, Bisa Nyeberang ke Pantai Sebelah Pemandangan Pantai Kukup dari kejauhan yang terlihat dari bibir Pantai Mesra, Gunungkidul. - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kabupaten Gunungkidul menawarkan beragam objek wisata pantai dengan ciri khasnya masin-masing. Salah satu pantai yang ramai dikunjungi wisatawan dari kalangan keluarga adalah Pantai Mesra.

Nama Pantai Mesra terbilang baru di kalangan pecinta wisata Bumi Handayani. Kendati demikian, sudah banyak warga setempat atau bahkan luar daerah yang mengenalnya sebelum diresmikan menjadi Pantai Mesra.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Warga lebih mengenalnya dengan Pantai Ngrawe. Lokasinya berada di Dusun Ngepung, Kemadang, Tanjung Sari, Gunungkidul. Mudah diakses menggunakan beragam jenis kendaraan dan menawarkan tempat yang instagramable yang tak kalah seru dan menawan dengan pantai lainnya.

Berikut ini fakta-fakta seputar Pantai Mesra yang perlu Anda ketahui:

1. Hamparan Pasir Putih

Seperti pantai lainnya di Gunungkidul, Pantai Mesra juga memiliki pasir putih yang lembut. Wisatawan dapat bermain pasir di tepian pantai sembari menikmati panorama indah di sekelilingnya.

Baca juga: Indahnya Wisata Paling Ujung Kulon Jogja, Mangrove Pantai Kadilangu

Pantai ini juga ramah bagi anak-anak karena tidak memiliki bibir pantai yang curam. Orang tua bisa memberikan kesempatan anak-anak untuk bermain air dan pasir tetapi tetap dalam pengawasan.

2. Fasilitas lengkap

Meski terbilang baru, pantai yang dikenal dengan kebersihannya ini memiliki fasilitas yang lengkap. Mulai dari toilet, mushala, parkiran yang luas, hingga gazebo.

Toiletnya pun terbagi di dua tempat, yakni di dekat pantai dan di area parkiran. Selain itu ada pula fasilitas penunjang protokol kesehatan, seperti wastafel untuk cuci tangan.

3. Halaman Luas

Sebelum menginjakkan kaki ke pantai, wisatawan Pantai Mesra pasti melewati halaman yang luas di pantai ini. Halaman ini juga disebut dengan tamannya Pantai Mesra.

Ada tumbuhan hijau yang ditanam dengan rapi di sini, dilengkapi pula dengan kursi taman yang berjajar. Yang menarik lagi adanya plakat bertuliskan Pantai Mesra.

"Pantai Mesra. Tak Rawat Lautku Koyo Ngrawat Bojoku" yang artinya aku rawat lautku seperti merawat suami atau istriku. Tulisan yang menyedot perhatian wisatawan ini kerap dipakai sebagai tempat berfoto selfie.

4. Kios Makanan

Aneka warung makan berjajar rapi tak jauh dari bibir pantai. Pengunjung bisa memesan berbagai makanan mulai mi instan, soto, ayam bakar, ayam penyet, aneka gorengan, minuman botol, hingga es kelapa muda di sini.

Wisatawan tak perlu khawatir soal harga karena puluhan pedagang yang berjualan di sini sudah menerapkan standar harga makanan yang sama.

Selain itu, meski pengunjung duduk di warung yang menjual ayam geprek tetapi juga ingin memesan menu lain yang tidak dijual di warung tersebut, pedagang akan membantu memesankannya. Pengunjung cukup duduk manis di situ dan tidak perlu berpindah tempat untuk menyantap pesanan barunya.

5. Penginapan

Bagi yang ingin bermalam, pengunjung juga bisa menyewa kamar yang disediakan salah satu penginapan yang ada di Pantai Mesra. Penginapannya berada di atas bukit. Dari parkiran, wisatawan tinggal naik beberapa puluh meter.

Pemandangan hamparan laut Samudera Hindia akan terlihat jelas dari penginapan itu.

6. Jam operasional

Tak ada batasan waktu untuk berwisata di Pantai Mesra karena pantai ini buka 24 jam nonstop mulai Senin hingga Minggu. Biasanya, pengunjung akan memadati tempat ini saat akhir pekan.

Jika ingin mendapatkan suasana yang sedikit sepi, pengunjung bisa memilih hari selain Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Untuk tiket masuk cukup Rp10.000 per orang. Biaya parkir motor Rp3.000 dan mobil Rp5.000.

7. Bisa menyeberang

Meski berwisata di PantaI Mesra, pengunjung juga bisa berwisata ke Pantai Kukup sekaligus. Bagaimana bisa? Pantai Mesra berada tepat di sebelah barat Pantai Kukup. Kedua pantai ini hanya terhalang bukit kecil.

Saat air laut surut, wisatawan bisa menyeberang ke timur dengan berjalan menyusuri pantai menuju Kukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com, Selasa 6 Februari 2023

Jogja
| Selasa, 07 Februari 2023, 05:07 WIB

Advertisement

alt

Bahaya Tidak Melepas Anting saat Tidur

Lifestyle
| Selasa, 07 Februari 2023, 04:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement