Advertisement

Dianggap Mengganggu, Kota Ini Beri Denda Rp4,5 Juta Buat Wisatawan yang Hobi Selfie

Lajeng Padmaratri
Minggu, 30 April 2023 - 17:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Dianggap Mengganggu, Kota Ini Beri Denda Rp4,5 Juta Buat Wisatawan yang Hobi Selfie Kota Portofino di Italia. - Getty Images

Advertisement

Harianjogja.com, PORTOFINO—Setiap liburan, sudah bisa dipastikan wisatawan akan mengambil foto selfie atau swafoto, apalagi jika liburan ke luar negeri. Meski demikian, rupanya ada sebuah tempat yang melarang swafoto karena dianggap mengganggu.

Kota Portofino, sebuah kota di Italia yang indah dikabarkan mulai mengatur wisatawan dengan denda £242 atau sekitar Rp4,5 juta rupiah jika mengambil swafoto narsis.

Advertisement

Melansir Mirror.co.uk, pemerintah daerah di Portofino, Italia telah memperkenalkan zona larangan menunggu untuk menghentikan turis 'berlama-lama' di spot populer, dengan denda besar bagi mereka yang melanggar aturan.

Portofino di Riviera, Italia adalah salah satu dari banyak kota indah yang luar biasa di Italia yang menarik banyak wisatawan setiap tahun. Ini adalah tempat yang sempurna untuk dikunjungi dengan banyaknya rumah berwarna pastel, butik kelas atas, dan restoran hidangan laut. Kendati demikian, pemerintah kota setempat melarang wisatawan untuk berswafoto.

Jika Anda ketahuan dengan ponsel menghadap ke depan di tempat-tempat tertentu, Anda bisa didenda hingga £242.

Wali Kota Portofino, Matteo Viicava, mengatakan para pelaku selfie telah menyebabkan "kekacauan anarkis", termasuk kemacetan lalu lintas yang masif dan pemblokiran jalan.

Aturan tersebut diperkenalkan selama akhir pekan Paskah dan akan tetap berlaku sampai musim liburan berakhir pada bulan Oktober. Meski demikian, larangan ini tidak berlaku setelah pukul 18.00 waktu setempat setiap harinya. Jadi, jika Anda ingin berswafoto di sana, silakan datang pada petang hari.

Rupanya, Portofino bukan satu-satunya tempat yang melarang selfie. Jaringan kereta api di seluruh Jepang telah melarang penggunaan tongkat selfie karena takut orang akan menyentuh kabel di atas kepala dan menyetrum diri mereka sendiri.

Di Inggris, memotret diri sendiri di beberapa bagian Menara London dilarang karena alasan keamanan terkait dengan Permata Mahkota. Di Spanyol ,selfie juga dilarang selama acara tahunan Running of the Bulls yang diadakan di Pamplona. Aturan tersebut dirancang untuk mencegah orang ditanduk oleh banteng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Mirror

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pembangunan TPS Sementara Gadingsari di Bantul Jalan Terus, Lahan Masih Dibersihkan

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Tingkat Kolesterol Bisa Diturunkan dengan Beberapa Suplemen

Lifestyle
| Selasa, 23 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement