Advertisement

Jadi Lokasi KTT Asean, Ini 8 Wisata Pantai Hits Labuan Bajo

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 09 Mei 2023 - 02:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jadi Lokasi KTT Asean, Ini 8 Wisata Pantai Hits Labuan Bajo Puluhan kapal berlayar di perairan Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, dari atas Bukit Cinta. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Labuan bajo dikenal memiliki wisata pantai yang sangat indah. Mulai 9-11 Mei 2023 ini, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur dipakai sebagai tempat digelarnya Konferensi Tingkat Tinggi negara-negara ASEAN (KTT ASEAN). 

Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi populer di Indonesia selain Bali yang menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancaneara. Provinsi ini menyajikan sederet wisata alam terutama wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi. 

Advertisement

Untuk berwisata ke sini, wisatawan harus meluangkan waktu beberapa hari karena banyaknya wisata di Labuan Bajo membuat tour wisata tidak cukup dilakukan sehari.

Wisata pantainya yang eksotis dan menawan menjadi impian banyak orang untuk mengunjungi Labuan Bajo. Ingin tahu pantai-pantai apa saja yang hits di Labuan Bajo? 

Baca juga: Kemenparekraf Godok Tarif Masuk Candi Borobudur untuk WNA

Berikut ini daftar wisata pantai di Labuan Bajo yang hits dan patut dikunjungi wisatawan, dihimpun dari berbagai sumber:

1. Pantai Pulau Rinca

Salah satu destinasi wisata alam favorit Labuan Bajo adalah Pulau Rinca. Di sini wisatawan dapat menikmati pantai, laut, sekaligus gugusan pulau yang terlihat sangat jelas dari pulau ini. 

Di pulau ini, garis pantai terlihat cukup panjang dengan hamparan pasir putihnya. Wisatawan bisa mendaki gugusan bukit dengan vegetasi hijau di musim hujan, namun akan berubah warna jadi coklat keemasan di musim kemarau.

Harga tiket masuk hanya sebesar Rp5.000 per orang.

2. Pulau Padar

Destinasi wisata ini tidak boleh dilewatkan karena ada gugusan bukit yang indah dan garis pantai melengkung yang menghiasi gugusan bukitnya. Pantai Padar memiliki panorama yang memukau dengan pasirnya yang putih dan air laut yang biru.

Wisata pantai Pulau Padar terletak tidak jauh dengan Pulau Rinca, pulau ini hanya dipisahkan oleh Selat Lintah. Keindahan yang terdapat pada Pulau Padar ini meliputi air laut yang berwarna hijau dan biru serta jajaran pulau kecil-kecil yang indah berwarna hijau.

Untuk menikmati keindahan alam dengan biru nya lautan di Pulau Padar, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp5.000 per orang.

3. Pink Beach

Pink beach merupakan tempat wisata di Labuan Bajo berupa pantai dengan pasir yang berwarna pink. Warna pink ini berasal dari campuran pasir putih dengan serpihan karang, cangkang serta invertebrata yang berwarna merah. Pantai ini menjadi salah satu destinasi populer yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Untuk memasuki pantai ini cukup tergolong murah untuk wisatawan lokal sebesar Rp10.000 dan untuk wisatawan mancanegara sebesar Rp50.000 sudah dapat menikmati keindahan pantai pasir pink di Labuan Bajo.

4. Pulau Kanawa

Pulau kanawa merupakan tempat wisata di Labuan Bajo berupa pulau kecil dengan hamparan bintang laut di sepanjang pantai. Pulau ini menjadi salah satu pulau dengan keindahan laut yang berada di Labuan Bajo. Pulau ini memiliki gradasi warna air laut berwarna biru dengan pondok-pondok kecil di tepi pantai yang dikelilingi oleh rindangnya pohon di sekitar.

Untuk memasuki pulau ini akan dikenakan tarif sebesar Rp100.000 per kapal sudah dapat menikmati indah nya pantai dengan air biru di Labuan Bajo.

5. Pantai Wae Rana

Pantai ini tidak begitu luas namun keindahan alamnya tidak kalah dengan pantai lain di Labuan Bajo. Panorama yang ada di sini berupa gugusan pulau yang indah. Wisatawan harus menyusuri jalan setapak sejauh 200 meter untuk sampai ke pantai ini. 

Lokasi Pantai Wae Rana di sebelah Utara Labuan Bajo dan masih cukup sepi karena tempatnya yang tersembunyi.

6. Pantai Pede

Pantai Pede termasuk objek wisata pantai yang mudah diakses di Labuan Bajo. Pantai ini berada di sepanjang Jalan Raya Pantai Pede.

Panorama yang ditawarkan adalah hamparan pasir putih dan ombak yang cukup tenang. Cocok bagi Anda yang mengajak anak-anak untuk bermain air.

7. Pantai Waecicu

Pantai ini menawarkan keindahan warna pasir pantai yang putih serta air laut yang jernih. Wisatawan bisa bersantai seharian di sini dengan melakukan kegiatan bermain air, berenang hingga menyewa perahu dayung. 

Di sini, kita bisa bermain air, berenang, atau menyewa perahu dayung untuk menikmati air lautnya yang tenang dan dangkal.

8. Pantai Namo

Tidak hanya Pink Beach, Pantai Namo juga memiliki warna pasir pantai yang unik. Namo justru memiliki pasir berwarna merah muda yang lebih berani dibandingkan warna pasir di Pink Beach.

Pantai ini sering disebut pantai pasir merah karena warna pasirnya yang begitu pekat mendekati warna merah.

Itulah delapan wisata pantai yang bisa dikunjungi saat berwisata di Labuan Bajo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pilkada Kulonprogo: Pendaftaran Panwascam Dibuka, Kebutuhan Formasi Menunggu Hasil Tes

Kulonprogo
| Sabtu, 27 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Hindari Minum Teh Setelah Makan, Ini Risikonya bagi Tubuh

Lifestyle
| Jum'at, 26 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement