Advertisement

3 Rekomendasi Tempat Wisata Satu Arah di Gunungkidul

Tri Indah Lestari (ST22)
Sabtu, 15 Juli 2023 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
3 Rekomendasi Tempat Wisata Satu Arah di Gunungkidul Pemandangan pantai di Gunungkidul - ist - jogjaprov.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Gunungkidul yang berdampingan dengan lautan menawarkan jajaran wisata pantai selatan dengan pesona dan panoramanya yang berbeda-beda.

Namun topografi Gunungkidul tidak hanya pantai saja. Wilayah yang didominasi dengan kawasan perbukitan karst ini juga memiliki keindahan dari sisi perbukitannya, goa-goa alam dan juga aliran sungai bawah tanah.

Advertisement

Apabila memilih untuk menjelajah wilayah Gunungkidul dan kebingungan memilih beragam tempat wisatanya, simak rekomendasi berikut untuk wisata satu arah di Gunungkidul:

1. Sunrise di Geoforest Watu Payung

Geoforest Watu Payung menjadi tujuan pertama memulai eksplorasi Gunungkidul dengan berburu sunrise. Pengunjung dapat menikmati hawa sejuk perbukitan yang diselimuti awan dan ditemani sinar hangat sang fajar di pagi hari.

Baca juga: Warga Singosaren Ubah Bukit Tandus Jadi Destinasi Wisata Baru di Bantul

Area yang keasriannya masih terjaga dengan rindangnya pepohonan jati ini membuat wisatawan betah berlama-lama di sini menikmati udara yang menyejukkan hati. Lokasinya berada di Turunan, Girisuko, Panggang, Gunungkidul.

2. Santai sejenak di Puncak Segoro

Setelah puas menikmati keindahan perbukitan hijau di Gunungkidul, kini saatnya beralih ke objek wisata Puncak Segoro atau Nusa Penida Jogja. Kali ini wisatawan akan disuguhkan panorama birunya laut pantai selatan dari ketinggian tebing bukit kapur.

Di sini kamu santai sejenak di Cliff Bar Puncak Segoro di sisi tebing atau Segoro Hinggil di puncak bukit seraya menikmati pesona alam dan ber-swafoto memenuhi galeri ponsel. Kamu cukup merogoh saku untuk biaya tiket masuk mulai dari Rp25.000 dan lokasinya ada di Wiloso, Girikarto, Panggang, Gunungkidul.

3. Main air di Pantai Mbuluk

Pantai yang berlokasi di desa Kemadang, Tandjung Sari, Gunungkidul atau sebelah timur Pantai Baron, cukup jarang didatangi pengunjung karena masih tergolong pantai baru di Gunungkidul.

Dalam satu area pantai wisatawan dapat menikmati keindahan deburan ombak di balik dua buah batuan karang besar atau dari atas ketinggian batuan karang di bibir pantai maupun duduk santai di saung-saung yang ada.

Deburan ombaknya pun tidak terlalu besar berkat batuan karang yang memenuhi tepian pantai, sempurna bagi wisatawan yang ingin ke-kecehan atau main air. Tidak puas sekadar main air, di sekitar area wisata pantai ada penginapan seperti Acala Ayu Resort, Embun Segoro Homestay, atau Inessya Resort`dengan pemandangan langsung menghadap pantai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Meninggal, Kemendikbudristek: Penyair Legendaris Tuai Beragam Penghargaan

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Waspada! Perempuan Lebih Berisiko Terkena Diabetes Dibandingkan Laki-Laki

Lifestyle
| Sabtu, 27 April 2024, 15:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement