Advertisement

Berencana Piknik ke Luar Negeri? Ini Dia 5 Negara Tujuan Wisata Termurah di Dunia

Mutiara Nabila
Sabtu, 29 Juli 2023 - 00:57 WIB
Arief Junianto
Berencana Piknik ke Luar Negeri? Ini Dia 5 Negara Tujuan Wisata Termurah di Dunia Kamboja. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Setelah lockdown akibat Covid-19 tiga tahun terakhir, tahun ini menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk merencanakan liburan, salah satunya adalah liburan ke luar negeri. 

Pergi ke luar negeri umumnya akan menghabiskan banyak biaya dan persiapan. Namun, negara-negara ini bisa menjadi pilihan ketika ingin berlibur ke luar negeri karena biaya hidup yang murah, dipenuhi dengan sejarah dan budaya yang menarik serta alam yang cantik. 

Advertisement

BACA JUGA: Info Wisata: Kota Jogja Gelar Winongo Jogja River Festival 28-29 Juli

Ini dia lima negara tujuan wisata termurah di dunia:

1. Kamboja

Negara-negara di Asia Tenggara memang terkenal menjadi tujuan wisata murah. Kamboja merupakan tujuan yang lengkap dengan keindahan alam, kesenian dan sejarahnya yang menarik, banyak makanan lezat dan arsitektur yang menawan. 

Kamboja menempati urutan pertama negara tujuan wisata paling murah di Asia Tenggara. Aktivitas utama ketika berkunjung ke Kamboja antara lain mengunjungi kuil Khmer kuno yang megah di Siem Reap dan mengunjungi museum dan istana di ibu kota Phnom Penh.

Penginapan di Kamboja juga sangat murah, bisa didapatkan mulai dari harga US$4 atau sekitar Rp70.000 per malam. Makanannya juga bisa didapat dengan harga mulai dari Rp15.000. 

2. Laos

Laos juga masuk dalam daftar negara tujuan wisata termurah di Asia Tenggara. 

Para wistawan bisa mengunjungi banyak kuil Buddha yang cantik hingga hutan rimbun dan air terjun. Negara ini sangat cocok bagi pencinta sejarah dan penggemar aktivitas luar ruangan.

Monumen, istana, kuil, museum, dan karya arsitektur menakjubkan lainnya juga dapat ditemukan di seluruh negeri.

Ada juga banyak air terjun indah yang tersebar di sekitar lanskap, termasuk Air Terjun Kuang Si, Air Terjun Khone dan Pha Pheng, Air Terjun Tat Sae, dan banyak lagi.

Biaya masuk ke semua atraksi biasanya hanya seharga US$1-US$2 atau antara Rp15.000-Rp30.000, dan banyak orang berhasil berkeliling Laos hanya dengan biaya kurang dari Rp300.000 per hari. 

3. Vietnam

Vietnam terkenal sebagai salah satu negara dengan jajanan pinggir jalan terbaik. Vietnam harus ada di setiap daftar perjalanan pencinta kuliner.

Pelancong yang berkunjung ke Vietnam dapat menikmati berbagai macam hidangan lokal dengan haarga yang sangat murah. Kurs Vietnam pun hanya sekitar separuh dari rupiah atau 1,57 Vietnam dong per Rp1. 

Vietnam juga terkenal dengan wisata alamnya yang unik, termasuk gua kapur Ha Long Bay dan gua terbesar di dunia, Hang Son Doong. Akomodasi dan transportasinya juga sangat terjangkau, yang membuat Vietnam menjadi salah satu negara Asia termurah untuk dikunjungi.

4. Nepal

Salah satu negara termurah untuk dikunjungi adalah Nepal.  Untuk pelancong yang senang berpetualang yang ingin menjelajahi sudut paling terpencil di dunia, Nepal menjadi tempat yang tepat untuk dikunjungi. 

Nepal juga merupakan salah satu negara Asia termurah untuk dikunjungi di luar Asia Tenggara. Banyak orang datang ke sini untuk mendaki Gunung Everest meskipun biaya untuk mendaki gunung ini justru sangat mahal. 

Tetapi jika para pelancong ingin melakukan perjalanan di pegunungan yang tak ramai turis, Nepal juga cocok menjadi tujuan dengan harga yang sangat murah. Pelancong bisa menginap di penginapan lokal yang nyaman dan makan masakan rumahan hanya dengan biaya Rp150.000 - Rp300.000 per hari. 

5. Maroko

Di negara-negara Afrika, Maroko adalah salah satu yang paling terjangkau. Meskipun tidak semurah Asia Tenggara, tetapi secara keseluruhan masih merupakan salah satu negara termurah untuk dikunjungi. 

Misalnya Marrakech, kota yang ramai dan penuh warna di Maroko. Sebagian besar pelancong berkunjung ke sini untuk menjelajahi Medina yang luas dan memesan tur ke Gurun Sahara atau Pegunungan Atlas.

Marrakech juga bisa menjadi sangat murah jika membeli makanan di restoran-restoran lokal daripada restoran turis di Jema El Fnaa, alun-alun wisata utama.  

Hostel di sekitar Maroko juga umumnya hanya dihargai antara US$8 - US$10 per malam, dan harga tur juga umumnya terjangkau.

Pastikan juga untuk mengunjungi Blue City of Chefchaouen, pantai di sepanjang Pantai Barat, serta wisata pegunungan dan gurun.

Bagaimana dengan Indonesia? 

Indonesia juga menjadi salah satu negara termurah untuk dikunjungi wisatawan baik domestik dan mancanegara. 

Indonesia memiliki ribuan pulau sehingga tempat yang bisa dikunjungi sangat beragam. Selain Bali, beberapa lokasi wisata juga menarik di pulau wisata yang lebih sepi seperti Lombok atau Sumbawa. Berwisata di daerah Jawa Tengah juga menarik karena biaya yang murah, kental dengan budaya dan sejarah, serta banyak makanan enak. 

Tempat penginapan juga banyak yang murah-murah, pelancong bisa mendapatkan penginapan mulai dari Rp200.000 per malam.

Sumber: Bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Api Prameks Jogja-Kutoarjo Minggu 28 April 2024

Jogja
| Minggu, 28 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Waspada! Perempuan Lebih Berisiko Terkena Diabetes Dibandingkan Laki-Laki

Lifestyle
| Sabtu, 27 April 2024, 15:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement