Advertisement

Unik, Perbatasan Tiga Negara Ini Berupa Meja Piknik

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 22 September 2023 - 23:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Unik, Perbatasan Tiga Negara Ini Berupa Meja Piknik Tripoint Szoborpark menjadi perbatasan tiga negara, yaitu Austria, Hungaria, dan Slovakia. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bagaimana jika seseorang bisa berdiri di satu titik, namun bisa berada di tiga negara sekaligus? Di Szoborpark, keinginan itu bisa terpenuhi, lewat perbatasan negara berupa meja piknik.

Szoborpark merupakan taman yang menjadi perbatasan tiga negara di Eropa, yaitu Austria, Slovakia, dan Hungaria. Di taman tersebut, berdiri sebuah meja piknik berbentuk segitiga yang memungkinkan siapapun duduk di sana untuk memakan bekal mereka, yang artinya dia bisa berpindah negara dalam satu kali geser tempat duduk.

Advertisement

Menurut Newsbyteapp, Szoborpark adalah salah satu dari 176 tripoint di dunia. Tripoint mengacu pada satu titik daratan tempat tiga negara bertemu. Nama tamannya, Szoborpark, diterjemahkan dari bahasa Hongaria menjadi "Taman Patung".

BACA JUGA: Atraksi Unik! Flying Fox Ini Berangkat dari Spanyol, Lalu Turun di Portugal

Semua patung di taman ini dibuat oleh seniman internasional dan menggunakan bentuk segitiga untuk mewakili masing-masing tiga negara, salah satunya meja piknik ini.

Taman ini dibangun setelah Tirai Besi jatuh pada tahun 1991 untuk melambangkan persatuan ketiga negara. Selama Perang Dingin, Austria berada di sisi bebas Tirai Besi, sedangkan Slovakia (saat itu Cekoslowakia) dan Hongaria berada di sisi lain.

Banyak yang mencoba melarikan diri ke sisi bebas di sini karena lokasinya adalah pertemuan dua negara komunis dengan negara bebas. Pagar perbatasan di sini tidak diawasi.

Taman patung ini dibangun dengan tujuan untuk menghilangkan batas-batas yang memisahkan masyarakat berdasarkan negara dan mendorong mereka untuk saling berpelukan.

Terdapat meja berbentuk segitiga di sini yang memang menjadi sorotan utama taman ini dan bertujuan untuk menghapus perpecahan. Di sini, orang Austria dapat makan bersama orang Slovakia dan Hongaria dan melupakan apa yang membedakan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

KASUS PENGGELAPAN: Nasabah PT Adira Dinamika Multifinance Jogja Divonis 2,5 Tahun

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kebiasaan-Kebiasaan Ini Membantu Anda Hidup Lebih Gembira

Lifestyle
| Minggu, 28 April 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement