Advertisement

Hotel Mewah Ini Pakai Bangunan Bekas Penjara Kuno Jepang

Lajeng Padmaratri
Minggu, 08 Oktober 2023 - 18:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Hotel Mewah Ini Pakai Bangunan Bekas Penjara Kuno Jepang Hoshinoya Nara Prison, hotel mewah di Kota Nara, Jepang yang bangunannya bekas penjara kuno. - Kyodo

Advertisement

Harianjogja.com, NARA—Sebuah pengelola resor di Jepang dikabarkan tengah mengubah bekas penjara bersejarah di Kota Nara, Jepang menjadi hotel mewah yang sebentar lagi bisa dikunjungi tamu.

Melansir Japantimes, hotel mewah bernama Hoshinoya Nara Prison itu sebelumnya dijadwalkan untuk dibuka pada musim panas 2024. Namun, karena masih perlu survei ketahanan terhadap gempa, pembukaannya diundur hingga musim semi tahun 2026.

Advertisement

Nantinya, para tamu akan memiliki kesempatan untuk mengapresiasi kekayaan sejarah dari fasilitas yang berasal dari awal abad ke-20 itu.

BACA JUGA: Banyak Negara Protes, Jepang Tetap Buang Limbah Kedua Hasil Olahan PLTN Fukushima

Pihak pengelola, Hoshino Resorts, juga memastikan bahwa tamu tidak akan merasa terkurung seperti yang dialami oleh para narapidana di masa lalu, karena beberapa sel digabungkan untuk menciptakan 48 kamar untuk tamu.

Pengelola resor menjanjikan “masa menginap yang luar biasa” di bangunan bata merah ikonik bekas penjara dengan interior yang telah direnovasi. Ruangan akan mempertahankan beberapa fitur kuno, termasuk menjaga jendela tetap tinggi di dinding.

Situs ini terletak di dekat Taman Nara, yang merupakan rumah bagi tempat-tempat wisata. Beberapa di antaranya ialah taman rusa jinak dan kompleks kuil Todai-ji yang bersejarah.

Penjara Nara, yang selesai dibangun pada tahun 1908, merupakan bukti langka atas upaya pemerintah Meiji dalam menampilkan modernisasi fasilitas penjara di Jepang pada era tersebut.

BACA JUGA: Cara Unik Pemerintah Jepang Cegah Bunuh Diri, Tulis Pesan Dukungan di Tisu Toilet

Gerbang utama bergaya Romawi memiliki pintu masuk melengkung dan menara silinder di kedua sisinya. Bekas pusat penahanan juga dilengkapi Sistem Haviland, di mana sebuah rumah jaga pusat mengawasi beberapa sayap radial sel.

Pada puncaknya, penjara tersebut menampung 935 narapidana, jauh melebihi kapasitasnya yang hanya 650 orang, menurut sebuah situs web yang melestarikan sejarahnya.

Bangunan ini digunakan sebagai penjara remaja setelah berakhirnya Perang Dunia II dan akhirnya ditutup pada tahun 2017. Bangunan ini ditetapkan sebagai kekayaan budaya penting secara nasional pada tahun yang sama. Lantaran sejarah penjara yang dianggap penting, ada rencana untuk membangun museum yang dapat diakses oleh pengunjung hotel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Japantimes

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Minggu 28 April 2024: Cerah Berawan!

Jogja
| Minggu, 28 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Waspada! Perempuan Lebih Berisiko Terkena Diabetes Dibandingkan Laki-Laki

Lifestyle
| Sabtu, 27 April 2024, 15:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement