Advertisement

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Mia Chitra Dinisari
Jum'at, 19 April 2024 - 20:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia Kota Isfahan, Iran yang juga menjadi situs warisan budaya dunia.Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Israel meluncurkan serangan rudal ke kota Isfahan, Iran, Jumat (19/4/2024). Pascaserangan, situasi di Isfahan masih terbilang aman. Namun kota yang menjadi pusat reaktor nuklir ini ternyata juga merupakan situs warisan budaya dunia. Begini keindahan kota Isfahan. 

Isfahan atau Esfahan, terletak sekitar 340 km selatan Teheran. Kota ini merupakan kota terbesar ketiga di Iran. Penduduk kota ini pada 2000 mencapai 2.040.000.

Advertisement

Isfahan yang dikenal sebagai permata Persia kuno, dikenal sebagai salah tujuan utama destinasi wisata di Iran. Jalan raya dengan deretan pepohonan menawan, taman Persia yang hijau, dan bangunan Islam yang monumental menjadi daya tariknya, menawarkan pesona visual yang berbeda dari kota Iran lainnya.

Komunitas perajin yang dinamis di kota ini semakin memperkuat reputasinya sebagai museum budaya tradisional yang hidup, memadukan masa lalu dan masa kini dalam tampilan yang dinamis. Dilansir dari surfiran, bazar bersejarah di Isfahan, pusat kerajinan dan warisan budaya yang ramai, menawarkan jendela untuk melihat kekayaan budaya kota ini.

Di sini, pengunjung dapat menemukan keindahan kerajinan Persia, mulai dari karpet indah hingga keramik yang dilukis dengan tangan, masing-masing karya menceritakan kisah tradisi dan keterampilan. Destinasi menarik di Isfahan Jika Anda berkunjung ke kota ini, salah satu yang tidak bisa dilewatkan yakni menyeberangi jembatan indah Isfahan, termasuk Si-o-se-pol dan Khaju yang terkenal, yang menawarkan momen kedamaian dan refleksi.

Keajaiban arsitektur ini tidak hanya melintasi Sungai Zayanderud tetapi juga merupakan pusat kehidupan sosial kota, menawarkan pemandangan menakjubkan dan tempat berkumpulnya masyarakat. Di jantung kemegahan arsitektur Isfahan Anda juga bisa mengunjungi Alun-Alun Naqsh-e Jahan yang terdaftar di UNESCO.

Baca Juga

Ledakan di Isfahan Diklaim Karena Sistem Pertahanan Iran Aktif, Bukan Akibat Rudal Israel

Iran Bantah Penyebab Hancurnya Gedung Pembangkit Listrik Israel

Pengakuan Warga Kota Isfahan, Terkait Kabar Israel Serang Iran

Dikelilingi oleh bangunan-bangunan Islam paling indah di kota ini, alun-alun ini merupakan pusat makna sejarah dan estetika, menampilkan kemegahan Masjid Imam, keanggunan Masjid Syekh Lotfollah, dan Istana Ali Qapu yang megah. Isfahan memikat pengunjung dengan memadukan esensi sejarahnya secara harmonis dengan semangat kehidupan modern. Kota ini tidak hanya menjanjikan perjalanan melewati jalanan dan alun-alunnya yang indah. Namun juga pengalaman tak terlupakan akan keindahan dan kehangatannya, meninggalkan kesan mendalam bagi semua orang yang berkunjung. Karena ubin lukisan tangan yang indah dan alun-alun umum yang megah, kota ini dianggap sebagai salah satu kota terindah di dunia.

Sebuah kota kuno dan ibu kota Persia dari tahun 1598 hingga 1722, kota ini telah lama terkenal karena karpet halus dan kerawang peraknya. Waktu Terbaik Mengunjungi Isfahan Waktu terbaik untuk mengunjungi Isfahan adalah selama musim semi (Maret hingga Mei) dan musim gugur (September hingga November).

Selama periode ini, cuacanya sejuk dan menyenangkan, ideal untuk menjelajahi arsitektur dan taman kota yang menakjubkan tanpa teriknya musim panas atau dinginnya musim dingin. Musim semi membawa bonus tambahan dari perayaan Nowruz dan kota ini bermekaran dengan warna-warna cerah, sedangkan musim gugur menawarkan suhu yang nyaman dan lebih sedikit keramaian, menjadikannya sempurna untuk berjalan-jalan santai melalui situs bersejarah dan pasar-pasar yang ramai di Isfahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca BMKG Jogja dan Sekitarnya Rabu 29 Mei 2024: DIY Cerah Berawan

Jogja
| Rabu, 29 Mei 2024, 06:07 WIB

Advertisement

alt

Wow, 5 Restoran di Inggris Ini Sajikan Tempe sebagai Makanan Mewah

Lifestyle
| Selasa, 28 Mei 2024, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement