Meriahnya Panen Raya dan Mbatik di Jogja Bay

Pertunjukan drama tari dan kolosal dengan tema Panen Raya di Jogja Bay Waterpark, Desa Maguwoharjo, Depok, Sleman, Minggu (8/7/2018). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan
09 Juli 2018 07:17 WIB Fahmi Ahmad Burhan Wisata Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-Jogja Bay Waterpark bekerja sama dengan Cabaret Show Raminten dan Hamzah Batik mempertunjukkan drama tari dan kolosal dalam acara Raminten Dolanan Banyu Ning Jogja Bay dan Mbatik bareng Hamzah Batik. Selain pertunjukan, pengunjung juga bisa membatik dan membawa kain hasil membatik.

Public Relation Jogja Bay Waterpark Medha Zeli Elshita mengatakan dalam melengkapi libur Lebaran tahun ini Jogja Bay mempersembahkan rangkaian acara Raminten Dolanan Banyu Ning Jogja Bay dan Mbatik bareng Hamzah Batik. Sementara di Minggu (8/7/2018), di area South Beach Jogja Bay terdapat pertunjukan drama tari dan kolosal dari Cabaret Show Raminten.

"Dalam libur Lebaran tahun ini, kami membuat sejumlah event dan gimick salah satunya dengan Raminten Dolanan Banyu Ning Jogja Bay dan Mbatik bareng Hamzah Batik. Raminten yang kental sekali dengan budaya Jawanya dikolaborasikan dengan Jogja Bay yang memiliki karakter ikon dan cerita perpaduan konsep lokal dan modern yang unik,” jelas Medha pada wartawan Minggu (8/7/2018).

Pertunjukan drama tari dan kolosal tersebut melibatkan 80 orang pemain. Pertunjukan mengisahkan kehidupan para petani dengan latar belakang Lereng Merapi. Kehidupan petani yang sudah berjalan aman dan tentram tiba-tiba mendapatkan serangan hama perusak tanaman. Di akhir pertunjungan datanglah Dewi Sri ke muka bumi yang memberi berkah atas kesuburan dan kemakmuran mereka hingga tiba saatnya Panen Raya.

Selain dengan pertunjukan, diadakan juga acara yang bersifat edukatif yaitu Mbatik bareng Hamzah Batik. “Rangkaian acara yang kami persembahkan ini tidak hanya bersifat hiburan tapi juga edukatif. Harapannya pengunjung dapat lebih mencintai budaya lokal dengan fasilitas belajar membatik sampai dengan pewarnaan yang diberikan oleh Jogja Bay Waterpark dan Hamzah Batik,” ujar Medha.

Desain kain batik dalam Mbatik Bareng Hamzah adalah karakter Jogja Bay yang telah digambar di atas media membatiknya. Berbagai karakter lucu seperti Pringis, Hip, Mimi, Zorgon, dan lain-lain dibatik oleh pengunjung.

Untuk menikmati sensasi membatik, pengunjung perlu merogoh kocek Rp25.000, atau Rp40.000 apabila ingin mendapat tambahan doorprize dan gratis foto. "Nanti dapat dibawa pulang sebagai buah tangan yang dapat menjadi cerita momentum tak terlupakan di Jogja Bay," kata Medha.

"Mbatik Bareng Hamzah Batik ini salah satu upaya mengenalkan anak-anak untuk membatik, mumpung ada event, juga sekaligus liburan," ujar Perwakilan Hamzah Batik Rama Pratama.

Rama mengatakan selain sebagai pakaian, batik juga mempunyai filosofi tersendiri seperti kesabaran. Menurutnya, paling banyak yang mengikuti workshop yaitu anak-anak. "Ada juga sebagian ibu-ibu yang sambil menunggu, dia membatik," katanya.