Advertisement

Di Negara-Negara Ini, Keju adalah Menu Wisata Kuliner Favorit

newswire
Sabtu, 28 Juli 2018 - 17:35 WIB
Maya Herawati
Di Negara-Negara Ini, Keju adalah Menu Wisata Kuliner Favorit Gudang penyimpanan keju parmesan di Italia - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Keju menjadi makanan khas di sejumlah negara di Eropa. Aneka kudapan dan masakan berbahan dasar keju menjadi favorit warga setempat hingga wisatawan. Keju-keju yang dibuat terkenal kelezatannya.

Berikut ini daftar negara-negara pembuat keju terbaik dunia seperti dilansir Travel and Leisure belum lama ini.

Advertisement

Prancis

Prancis memiliki julukan sebagai negara utopia keju dan beberapa keju terbaik dunia berasal dari Bordeaux. Di sana terdapat pabrik yang memproduksi keju dari susu kambing. Di daerah Normandia juga terdapat banyak keju segar dan wisatawan bisa mempelajari proses pembuatan keju. Selain itu, di sepanjang perbatasan Perancis, Swiss, dan Italia tepatnya di pegunungan Alpen, wisatawan pasti akan menemukan beberapa keju lezat seperti Reblochon, Beaufort, Abondance, Bleu de Sassenage, dan Tomme de Savoie. Plus Anda bisa menikmatinya sambil mengagumi pemandangan yang indah.

Spanyol

Negara ini memiliki bagian yang dijuluki sebagai El Pais de los Quesos atau Tanah Keju yaitu Austarias. Keju yang paling populer dari daerah tersebut adalah adalah keju rasa keras yang disebut Queso de Cabrale. Selain itu, di Spanyol pencinta keju juga bisa menemukan keju mentega dari susu domba di La Mancha tepatnya di Toledo, Cuenca, Ciudad Real, dan Albacete.

Italia

Bukan hal yang aneh bila Italia merupakan salah satu negara penghasil keju terbaik mengingat makanan khas dari sana. Di sana terdapat beraneka ragam keju seperti pecorino, keju biru, keju pedas, keju Sardinia atau casu marzu (termasuk keju ilegal karena dibuat dari belatung hidup), serta keju tradisional. Wisatawan bisa mendapatkan keju-keju tersebut di daerah Sardinia, Pagazzano, dan Reggio Emilia.

Belanda

Negeri kincir angin ini termasuk negara penghasil keju terbaik. Di Belanda, wisatawan bisa mendapatkan keju di Pasar Keju Alkmar, Waagplein Square. Di sana wisatawan bisa menemukan semua jenis keju termasuk Edam dan Gouda.

Meksiko

Bagi wisatawan yang gemar memakan masakan Meksiko tentu sudah familiar dengan keju. Ya, hampir di setiap makanan tersebut terdapat keju ringan dan asin yang menambah kelezatan. Keju bernama Oaxaca tersebut bisa didapatkan di sejumlah rumah makan dan restoran di Meksiko sehingga sayang bila wisatawan melewatkan kesempatan untuk membelinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dishub DIY Buat Skema Jalur Utama dan Alternatif Masuk DIY Saat Mudik Lebaran 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Cara Iktikaf di Bulan Ramadan dan Keutamaannya

Lifestyle
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement