Advertisement

Cemas di Tengah Liburan, Simak Cara Mengatasinya

newswire
Kamis, 06 September 2018 - 19:35 WIB
Maya Herawati
Cemas di Tengah Liburan, Simak Cara Mengatasinya Ilustrasi traveling - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Liburan biasanya dimanfaatkan untuk meredakan kecemasan. Namun jika Anda justru diserang kecemasan ketika liburan, jangan didiamkan.

Kecemasan lebih sering muncul ketika seseorang berlibur ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya dan bepergian sendiri. Tidak ada seorang pun yang dikenal dan tahu arah tujuan tentu membuat seseorang merasa cemas. Simak kiat mengatasinya seperti dilansir Popsugar belum lama ini.

Advertisement

Bernapas

Ini adalah cara paling mudah untuk menenangkan diri dan pikiran. Bernapaslah perlahan hingga Anda merasa tenang. Ambil napas dalam setiap hari untuk mengurangi kecemasan yang sering Anda rasakan. Caranya ambil napas dalam-dalam, hitung sampai tiga, lalu hembuskan secara perlahan.

Tuliskan

Tuliskan daftar hal yang membuat Anda sering merasa cemas. Tuliskanlah seperti Anda akan berbelanja di sebuah toko. Tulis apa saja yang mengganggu pikiran Anda, meski itu hanya hal kecil. Kemudian Anda bisa memberikannya kepada terapis sebelum travelling.

Hindari pemicunya

Sebelum berangkat, tuliskan beberapa pemicu Anda mengalami kecemasan. Hal ini bisa dilakukan untuk meminimalisasi kecemasan Anda saat berada di tempat tujuan. Jika Anda sering cemas di tempat sepi, maka hindari tempat-tempat sepi di kota tersebut. Jika Anda cemas di tempat yang sesak, maka hindarilah tempat itu. Anda bisa mencari tahu lebih dulu tentang tempat-tempat yang bisa menenangkan Anda.

Ucapkan mantra

Mantra yang dimaksud adalah kata-kata positif yang bisa menenangkan diri Anda. Ketika Anda berhadapan dengan hal yang mudah membuat Anda cemas, ucapkanlah dalam hati atau sedikit suara “Aku harus melewati ini” atau “Ini hanya perasaanku saja, tidak ada yang berbahaya di sana”.

Lari

Anda juga bisa menenangkan diri dengan berlari-lari kecil atau berlari mengelilingi taman. Kegiatan ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda sendiri. Supaya asyik, berlarilah sambil mendengarkan playlist favorit.

Katakan pada orang lain

Mungkin Anda tidak nyaman menceritakan tentang kecemasan Anda pada orang lain. Namun hal ini justru bisa membantu mengurangi kecemasan Anda. Setelah membaginya dengan orang lain, Anda memiliki kekuatan di dalam pikiran untuk menghilangkan rasa cemas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Berikut Daftar Ucapan Hari Kartini yang Dirayakan Setiap 21 April

Lifestyle
| Sabtu, 20 April 2024, 13:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement