Merokok di Pantai Thailand Bisa Dipenjara hingga Satu Tahun

Pantai Pukhet Thailand - Reuters
05 Oktober 2018 16:35 WIB newswire Wisata Share :

Harianjogja.com, BANGKOK—Belum lama ini Pemerintah Thailand, memberlakukan larangan merokok di 24 lokasi pantai yang populer bagi wisatawan karena alasan lingkungan.

Kementerian Sumber Daya Alam dan Lingkungan Thailand menyebut aturan ini mengandung sanksi pidana.

Negara yang dikenal dengan julukan Negeri Gajah Putih itu menjadi magnet bagi turis dalam beberapa dekade belakangan, mulai dari para backpacker pada awal 1990-an sampai dengan mengalirnya turis dari China akhir-akhir ini.

Pada 2018, Thailand menargetkan kunjungan wisatawan asing sebanyak 37,55 juta yang merupakan rekor baru.

Kelompok pencinta lingkungan secara terus menerus mendesak pemerintah untuk melindungi pantai-pantai indah agar tidak rusak akibat pembangunan tidak terkendali dan sampah yang berserakan.

Aturan yang baru saja diterapkan, menurut Bannaruk Sermthong, Direktur Managemen Sumber Daya Laut dan Pantai, adalah untuk mengatasi sampah.

"Mulai hari ini, merokok dan membuang puntung rokok dilarang di arena pantai. Mereka yang ingin merokok, harus pergi ke tempat yang telah disediakan," kata Sermthong seperti yang dikutip Reuters.

Larangan merokok di 24 lokasi pantai tersebut berlaku di 15 propinsi yang membentang sepanjang pantai Andaman dan Teluk Thailand. Bagi yang melanggar aturan tersebut, akan diseret ke pengadilan kriminal dan bisa terancam hukuman kurungan sampai satu tahun, atau denda maksimal US$3.190. Secara keseluruhan, Thailand memiliki sekitar 357 lokasi pantai yang tersebar di seluruh negeri.

Sumber : Antara