Advertisement

Berkenalan dengan Rasa Unik Teh Babao dari Ningxia

newswire
Kamis, 11 Oktober 2018 - 11:35 WIB
Maya Herawati
Berkenalan dengan Rasa Unik Teh Babao dari Ningxia Teh Baobao - Oeytea

Advertisement

Harianjogja.com, YICHUAN—Di wilayah otonom Ningxia, dengan Ibu Kota Yichuan Anda akan menemukan kawasan dengan penduduk beragama Islam.

Dari sekitar 6,8 juta jiwa warganya di mana 36,6% di antaranya Muslim. Makanan maupun rumah makan berlabel halal sangat mudah dijumpai di salah satu dari lima daerah otonom di Tiongkok yang banyak dihuni etnis Hui ini.

Advertisement

Carp, merupakan makanan cukup populer dan cukup langka di Yinchuan. Ikan liar yang hanya hidup di sungai kuning yang mempunyai Bobot setiap ekornya berkisar satu sampai tiga kilogram. Olahan menarik dengan rempah-rempah beragam membuat rasanya lebih pekat.

Sementara untuk minuman berkhasiat dari rempah-rempah maupun buah-buahan masyarakat Tiongkok menamai dengan teh. Beragama daun, bunga, buah maupun rempah yang dikeringkan dan diseduh masyarakat setempat mengenalnya dengan sebutan teh.

Salah satunya teh Babao, merupakan minuman khas masyarakat Ningxia. Minuman olahan campuran delapan bahan rempah, buah "berharga" (masyarakat setempat menyebutnya) merupakan minuman yang menyehatkan dan menghangatkan tubuh.

Ramuan atau rempah berharga tersebut, kelengkeng, stroberi, kurma, gula kristal, bery yang dikeringkan selanjutnya diseduh air panas dan ditaburi wijen ditempatkan dalam mangkuk khas China.

Cara minumnya, tutup mangkuk dibuka sedikit lalu diseruput air olahannya, sementara rempah dimaksud masih tersaring dalam mangkuk. Rasanya "sensasional".

Rumah makan di Kota Yinchuan umumnya menyediakan minuman dari rempah dan buah-buahan berharga ini. Sementara masyarakat umum bisa membeli dan mengkonsumsinya sendiri, karena industri setempat sudah menyediakan dalam bentuk kemasan, hanya tinggal taruh mangkuk dan menyeduhnya dengan air panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pencurian Ternak di Kulonprogo Marak, 5 Kambing Hilang dalam Semalam

Kulonprogo
| Kamis, 25 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Anak Kekurangan Vitamin D, Risiko Kena Eksim Meningkat

Lifestyle
| Kamis, 25 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement