Di Halmahera Barat, Kue Apang Coe Jodohnya Minuman Rempah Jailolo

Kue Apang Coe - Okezone
11 Oktober 2018 12:35 WIB newswire Wisata Share :

Harianjogja.com, HALMAHERA BARAT—Di Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara ada kue apang coe yang dinikmati berpasangan dengan minuman rempah khas Jailolo.

Apang coe memiliki bentuk dan rasa yang mirip dengan kue apem dari Pulau Jawa, tetapi diberi hiasan kenari, dan kuenya diletakkan di wadah terbuat dari daun pandan.

"Kuenya terbuat dari terigu, gula merah, ragi, dan kenari. Gula merah dilelehkan terlebih dahulu, lalu taruh terigu campur dengan ragi, susu bubuk, dan mentega. Setelah menjadi adonan, taruh dalam wadah yang terbuat dari daun pandan, lalu dikukus bersama kenari yang ditaruh di atas," jelas Siti, salah satu petugas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, belum lama ini.

Lebih lanjut, masih dalam penjelasan Siti, kenari sendiri masih cukup mudah dan banyak ditemukan di Halmahera Barat dan Halmahera Selatan. Namun, untuk membuat kue apang coe, hanya kenari yang telah berwarna hitam saja yang bisa diolah. "Kenari yang siap diolah berwarna hitam. Setelah dikumpulkan, kemudian digetok dan diambil isinya," kata Siti.

Selain kue apang coe, di Jailolo pun ada minuman tradisional yang terbuat dari rempah-rempah, sesuai dengan julukan Kepulauan Maluku yaitu Kepulauan Rempah. Minuman rempah, menurut Siti terbuat dari kayu manis, pala, cengkeh, dan bramakusu yang direbus semua.

"Warna merahnya dari kayu manis, kalau mau manis pakai gula sedikit saja. Aromanya yang cukup menyengat berasal dari daun sereh," ujarnya.

Khasiat minuman rempah khas Jailolo ini berdasarkan penuturan Siti, bisa mengobati masuk angin, menghangatkan badan, menurunkan kolesterol, pegal-pegal, dan mampu membuat badan jadi segar.

Sumber : Antara