Advertisement

Boyolali Juga Punya Kuliner Andalan yang Lezat Lho, Cicip Yuk

newswire
Selasa, 13 November 2018 - 10:35 WIB
Maya Herawati
Boyolali Juga Punya Kuliner Andalan yang Lezat Lho, Cicip Yuk Soto Seger Mbok Giyem Boyolali - ist/boyolali.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, BOYOLALI—Jika berkesempatan mampir ke Boyolali, Jawa Tengah jangan lupa mencicipi ragam kuliner khas daerah yang lezat. Ini daftarnya:

Soto Seger Mbok Giyem

Advertisement

Di banyak kota kuliner soto ayam bening racikan Mbok Giyem ini terkenal sekali. Nah, kalau ada kesempatan kunjungi Boyolali, Anda wajib menikmati soto kuah segar di tempat asalnya.

Hidangan soto ini rasanya gurih, diracik dari rempah-rempah pilihan dan ayam kampung direbus lama. Sebagai pelengkapnya, Anda bisa menambahkan keripik tempe, sate jeroan, hingga telur muda yang kenyal-kenyal teksturnya.

Sego gudangan

Nikmatnya sarapan dengan sego gudangan lengkap dengan sambalnya yang pedas. Hidangan ini mirip nasi pecel, hanya saja lalapan sayurnya terdiri dari daun bayung, daun bentis, dan kecambah. Lebih mantap lagi ditambah ikan asin gereh yang digoreng kering. Hidangan ini masih banyak dijumpai, khususnya di dekat pasar tradisional.

Iga bakar

Iga bakar empuk nan kenyal juga jadi hidangan khas Boyolali. Salah satu warung yang terkenal adalah Iga Bakar Pak Wit. Nampaknya nikmat sekali, iga bakarnya disajikan dengan sambal dan lalapan segar, ditambah nasi supaya kenyang.

Penyetan

Nasi penyetan juga salah satu kuliner yang diburu pendatang saat ke Boyolali. Lihat saja, kelezatan nasi putih ditambah lauk jamur tepung, ayam dan lalapan, serta sambal semakin terlihat dan menggoda banget. Malahan pendaki Gunung Merbabu yang singgah pun mengincar. Tak heran kalau penyetan ini disenangi banyak orang, apalagi harganya murah.

Nasi lauk seafood

Ada satu warung legendaris namanya Gawe Lego. Pengunjung di sini bebas makan sepuasnya dan lauknya ambil sendiri. Banyak sekali lauk yang identik dengan seafood disajikan di etalase. Semuanya menggoda banget, apalagi nasi udang gorengnya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Makan Gorengan Saat Buka Puasa Bagi Penderita Maag Aman, Ini Penjelasannya

Lifestyle
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement