Advertisement

Mau Liburan Kok Malah Stres, Ini Tips Mengatasinya

newswire
Minggu, 18 November 2018 - 09:35 WIB
Maya Herawati
Mau Liburan Kok Malah Stres, Ini Tips Mengatasinya Ilustrasi berkemas akan liburan - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Liburan akhir tahun tiba lagi. Saatnya menyusun rencana dengan matang agar tidak menimbulkan stres apalagi berantakan ketika di tempat tujuan. Liburan sudah seharusnya menyenangkan, bukan bikin pusing.

Bagi Anda yang sudah memutuskan destinasi wisata tapi belum menyusun rencana perjalanan, simak tips berikut ini seperti dilansir Independent Online, belum lama ini.

Advertisement

Tentukan jumlah hari

Sebelum menentukan obyek wisata apa saja yang hendak dikunjungi, hal utama yang harus dilakukan adalah menentukan lama waktu bepergian. Entah itu hanya dua hari di akhir pekan, tiga hari, atau bahkan hitungan minggu. Bila lama waktu bepergian sudah ditentukan, akan lebih mudah memasukkan daftar tempat wisata yang ingin dikunjungi.

Buat daftar tempat-tempat yang ingin dikunjungi

Seperti yang dikatakan sebelumnya, setelah menentukan lama waktu liburan, selanjutnya adalah membuat daftar tempat wisata yang ingin dikunjungi sebanyak mungkin. Kemudian pertimbangkan apakah tempat wisata itu memungkinkan untuk didatangi sesuai waktu yang telah ditentukan. Coba cari tahu mengenai jam operasional, jarak, dan aksesnya. Utamakan untuk memilih tempat wisata yang tidak biasa tapi tetap menarik. Selain itu, bila waktu untuk berlibur terbatas, sebisa mungkin hindari tempat wisata yang aksesnya sulit terjangkau karena bisa membuang-buang waktu.

Berikan waktu khusus

Saat menyusun rencana perjalanan, menjadi realistis itu tetap perlu. Tak bisa dipungkiri meskipun sudah ada jadwal bisa jadi mengalami keterlambatan atau ngaret. Jadi siapkan waktu khusus untuk kejadian tidak terduga. Pertimbangkan kegiatan dan waktu tur dengan menyediakan jarak 30 menit hingga satu jam.

Pesan online

Untuk mempermudah perjalanan dan mempersingkat waktu, ada baiknya membeli tiket wisata secara online bila memungkinkan. Terlebih sekarang ini sebagian besar tur dan perjalanan lebih mudah untuk dipesan secara online. Dengan begitu waktu yang digunakan untuk mengantre bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lain yang lebih berharga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

12 Kampung Jadi Kampung Panca Tertib Tahun Ini

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Lari Bukan Hanya Olahraga Kardio, Ini Deretan Manfaatnya

Lifestyle
| Senin, 18 Maret 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement