Cobalah Trik Ini Jika Ingin Dapat Tiket Pesawat Murah

Pesawat udara berada di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (8/3/2019). - ANTARA/Fikri Yusuf
15 Februari 2020 21:17 WIB Dewi Andriani Wisata Share :

BHarianjogja.com, JAKARTA – Pecinta perjalanan akan selalu mengincar tiket pesawat murah. Sebab, ketika berhasil mendapatkan harga tiket pesawat lebih murah, akan lebih berhemat dan bisa menggunakan sisa dari bujet yang ada untuk keperluan lainnya.

Namun, untuk itu diperlukan trik khusus yang harus dilakukan. Berikut lima cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tiket pesawat murah tanpa harus menguras isi kantong seperti informasi yang dikutip dari traveloka.com.

1. Beli paket pesawat dan hotel

Apabila berencana bermalam di hotel, sebaiknya membeli paket pesawat + hotel untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Berdasarkan simulasi oleh Traveloka, harga ketika membeli tiket pesawat dan hotel secara terpisah harganya bisa lebih mahal yaitu sebesar Rp5,3 juta. Sementara itu, jika membeli dalam bentuk paket dengan jam terbang dan hotel yang sama harganya hanya sekitar Rp4,6 juta.

2. Beli tiket secara terpisah saat pergi rombongan

Konon, salah satu hal yang mempengaruhi harga tiket pesawat adalah lokasi bangku yang akan duduki. Misalnya, bangku yang lebih dekat dengan ruang mesin cenderung dihargai lebih rendah dibanding bangku lain karena penumpang yang duduk di sana diperkirakan akan merasa kurang nyaman dengan deru suara mesin. Lalu, apa hubungannya dengan membeli tiket terpisah untuk rombongan?

“Mari membuat perkiraan harga biar lebih mudah menghitungnya. Misalnya saja, harga tiket penerbangan dari Jakarta ke Surabaya adalah Rp400.000 per orang untuk bangku dekat ruang mesin, dan Rp500.000 per orang untuk bangku lain. Katakanlah, kamu akan berangkat dengan rombongan lima orang. Harga tiket yang Rp400.000 hanya tersisa tiga bangku. Maka, hasil pencarianmu untuk tiket pesawat lima orang sekaligus tidak akan menampilkan harga Rp400.000 karena tidak mencukupi untuk jumlah anggota rombonganmu,” demikian yang tertulis dalam keterangan resmi yang ditulis di laman traveloka.com.

Di sini lah seseorang disarankan untuk memesan tiket secara individu dibandingkan rombongan. Sebab, jika memesannya secara individu, kita masih berkesempatan mendapatkan tiga tiket seharga Rp400.000 per orang, dan dua sisanya dikenai masing-masing Rp500.000.

3. Bayar dengan mata uang berbeda

Menurut Erica Ho, seorang ahli travel sekaligus editor di Map Happy, membayar dengan mata uang lokal bisa membuat lebih berhemat. Sebab, ketika membayar dengan mata uang lokal maka kita tidak dianggap sebagai turis oleh sistem OTA. Namun, trik ini hanya berlaku jika melakukan perjalanan ke luar negeri.

4. Gunakan dua maskapai berbeda untuk penerbangan

Jika perjalanan membutuhkan dua kali penerbangan, tak ada salahnya untuk menggunakan dua maskapai yang berbeda. Tak ada jaminan bahwa seseorang akan mendapatkan harga tiket yang lebih murah jika menggunakan satu maskapai yang sama untuk penerbangan transit.

Kondisi ini juga berlaku untuk penerbangan pulang pergi, kita tak harus menggunakan maskapai yang sama. Lakukan riset singkat dengan cara membandingkan harga tiket pesawat beberapa maskapai, lalu pilih yang termurah dan jadwal terbangnya sesuai dengan kebutuhan.

5. Gunakan bandara “palsu”

Bandara “palsu” di sini artinya bukan bandara bohongan, melainkan bandara alternatif. Memilih mendarat di bandara alternatif bisa membuatmu menemukan harga tiket pesawat yang lebih murah.

Contoh sederhananya, saat akan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta, ternyata harga tiket pesawat dengan tujuan Yogyakarta sedang melonjak tajam. Sebagai alternatif, bisa memilih bandara di Solo sebagai tujuan, kemudian teruskan perjalanan ke Yogyakarta melalui jalur darat.

“Namun, sebelumnya kamu juga harus memastikan bahwa biaya perjalanan darat dari Solo ke Yogyakarta tidak membuat total pengeluaranmu lebih mahal jika memilih langsung terbang ke sana.”

Sumber : Bisnis.com