Patangpuluhan Kembangkan Wisata Grojogan Winongo

Grojogan Winongo di Patangpuluhan, Wirobrajan, Kota Jogja. - Ist/Patangpuluhan.
12 Maret 2020 05:37 WIB Sunartono Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Grojogan Kali Winongo yang berada di kawasan Kelurahan Patangpuluhan, Wirobrajan, Kota Jogja menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Kelurahan Patangpuluhan sedang berproses untuk menjadikan lokasi itu sebagai salah satu tujuan wisata sekaligus untuk pemberdayaan masyarakat.

Lurah Patangpuluhan Wirobrajan Kota Jogja Sigit Harto Budiyono menjelaskan penataan akan terus dilakukan di Grojogan Sungai Winongo dengan harapan menjadi salah satu objek wisata di Kota Jogja dengan memanfaatkan aliran air sungai yang jernih. Dengan dilakukan penataan, selain menimbulkan daya tarik sekaligus agar masyarakat atau wisatawan yang datang merasa nyaman dan betah berada di kawasan tersebut.

"Penataan akan dilakukan bersama dengan kelompok sadar wisata, karena ini butuh dukungan semua pihak, agar menjadi tempat wisata alternatif dengan memanfaatkan aliran sungai," katanya belum lama ini.

Ia menambahkan sejumlah sarana pendukung dalam menata kawasan itu antara lain, pendirian gasebo, penataan stan kuliner maupun tempat berjualan warga. Selain itu perlu adanya penataan taman agar terlihat lebih indah. Meski pun sebenarnya saat ini Grojogan Winongo ini telah memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Pihaknya sudah melakukan studi banding di Giwangan Kota Jogja dalam menata kawasan sungai. Salah satunya perlu dikembangkan pemeliharaan ikan warna warni yang semakin menambah daya tarik tersendiri. "Harapannya kami bisa memberikan nuansa yang berbeda dibandingkan dengan wisata-wisata lainnya," ucap dia.

Melalui pengembangan wisata sungai itu diharapkan bisa menumbuhkan perekonomian warga sekitar. Karena wisata tersebut sepenuhnya akan berbasis masyarakat. Warga bisa memanfaatkannya dengan berjualan berbagai kuliner olahan maupun bentuk lain seperti kerajinan.

"Sehingga melalui konsep ini ada dampak positif yang diharapkan oleh masyarakat," ujarnya. 

Foto : Grojogan Winongo di Patangpuluhan, Wirobrajan, Kota Jogja. /Ist-Patangpuluhan.