Advertisement

Ratusan Objek Wisata di Jateng Mulai Dibuka

Alif N. Rizqi
Minggu, 19 Juli 2020 - 13:37 WIB
Nina Atmasari
Ratusan Objek Wisata di Jateng Mulai Dibuka Sejumlah wisatawan berjalan di halaman Candi Borobudur di Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (13/2/2020). - ANTARA / Anis Efizudin

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG — Situasi di Jawa Tengah berangsur normal. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah saat ini sudah mengoperasikan kembali 208 dari 690 tempat wisata yang ditutup terkait dengan pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah Sinung N. Rachmadi menjelaskan bahwa untuk yang mengajukan izin agar kembali buka ada 50 tempat wisata. Lima puluh tempat wisata tersebut sedang melakukan simulasi serta beberapa tahapan untuk kembali beroperasi.

Advertisement

Baca juga: Sepeda Brompton Khusus Petugas Medis di Inggris Hilang, Terlacak Dijual di Indonesia

"Sekarang sudah ada 208 tempat wisata yang kembali beroperasi, tentunya dengan protokol kesehatan yang dilakukan secara ketat kepada wisatawan maupun pegawai. Sementara itu, 50 tempat wisata lainnya masih lakukan simulasi," kata Sinung kepada Bisnis Minggu (19/7/2020).

Menurutnya, Disporapar sedang fokus melakukan simulasi untuk tempat wisata agar kembali beroperasi dengan protokol kesehatan yang ketat.

Dia juga memerintahkan agar seluruh desa wisata melakukan simulasi protokol kesehatan dan mengunggahnya ke sosial media sehingga bisa langsung dipantau oleh pemerintah.

Baca juga: Microsoft Kurangi Tenaga Kerja, Ini Penyebabnya

"Kami akan memberi hadiah kepada desa wisata yang paling unik dan menarik, ketika mengunggah simulasi protokol kesehatan di sosial media," tuturnya.

Selain simulasi, tambah Sinung, setiap tempat wisata di tiap-tiap daerah harus melakukan komunikasi dengan gugus tugas Covid-19 terkait rencana kembali buka.

"Kami harapkan kepada setiap tempat wisata jangan buru-buru bisa kembali beroperasi, lakukan simulasi dulu dan minta rekomendasi kepada gugus tugas Covid-19," ujarnya.

Lebih lanjut, Sinung menegaskan bahwa pihaknya tidak merekomendasikan kepada setiap tempat wisata kembali buka, jika daerah tersebut masih dalam kategori zona merah penyebaran Covid-19.

"Sudah jelas, untuk yang masih zona merah tempat wisata tidak boleh buka. Kalau untuk zona hijau dan kuning masih boleh, tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan ketat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Duh, Desentralisasi Sampah DIY Mundur Lagi Menjadi Mei 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Stres Memicu Sakit Punggung, Ini Penjelasannya

Lifestyle
| Jum'at, 19 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement