KABAR WISATA: Sensasi di Ledok Sambi, Naik Flying Fox Buat Makan di Pinggir Sungai

Wisatawan bermain dan bersantai di objek wisata Ledok Sambi. - Ist/ Instagram @LedokSambi
14 Desember 2020 19:17 WIB Nina Atmasari Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Jogja tak pernah habis untuk dijelajahi. Setiap sudutnya hingga ke daerah di sekitarnya, selalu menarik untuk diburu oleh wisatawan.

Sebuah objek wisata baru-baru ini viral di media sosial. Objek wisata ini viral lantaran diunggah oleh sebuah akun TikTok bernama @yolanyoo. Tempat ini bernama Ledok Sambi, yang merupakan wisata alam di Sleman.

Dalam videonya yang berdurasi 44 detik itu, ia menceritakan secara singkat tentang apa yang ada di Ledok Sambi. Akun itu menyebut objek ini sebagai tempat wisata naik flying fox buat makan di pinggir sungai.

Baca juga: KABAR WISATA: Berpetualang Naik Jip Menaklukkan Pegunungan Menoreh

Sebutan itu mengarah pada pengalamannya saat sampai di lokasi, yang harus turun ke sungai untuk menikmati wisata. Ia ditawari untuk turun menggunakan flying fox atau jalan kaki lewat tangga. "Aku turun pakai fliying fox, dan itu seru banget... Bisa dinaiki berdua per orangnya cuma bayar 25 ribu," katanya.

Sampai di sungai, ternyata suasana ramai karena ia datang di hari minggu. Banyak anak-anak bermain air di sungai kecil yang banyak bebatuan. Ada pula yang berfoto-foto dan sekadar bersantai di tempat duduk yang disediakan untuk pengunjung di tepi sungai.

Tak hanya suasana alamnya yang menarik, akun @yolanyoo juga mengungkapkan makanan yang disediakan lumayan banyak pilihannya. "Yang paling aku suka teh poci gula batunya, ini enak banget," katanya.

Baca juga: KABAR WISATA: Romantic Garden, Wisata Instagramable di Kawasan JJLS

Menurutnya, objek wisata ini cocok untuk bersantai di pepohonan yang hijau dan bermain air. Adapun lokasinya, ia menyebut 40 menit dari Jogja.

Setelah diunggah pada Sabtu (12/12/2020), video tersebut menjadi viral, yang mendapatkan 83,4 ribu suka, dikomentari 2.250 kali dan dibagikan ulang 3.892 kali. Video tersebut bahkan banyak dibagikan kembali oleh akun-akun Instagram bertema wisata di Jogja.

Dikutip dari akun instagram @ledoksambi, selain ada warung dan flying fox, Ledok Sambi juga menyediakan ban tubing untuk bermain di sungai. Harga sewa ban tubing pun murah, yakni Rp10.000.

Ledok Sambi Ecopark ini buka setiap hari pukul 18.00 hingga 17.00 WIB. Dalam informasinya mereka menyebutkan jarak Ledok Sambi Ecopark ke puncak Gunung Merapi adalah 12,4 kilometer, sehingga mereka tetap buka meski saat ini Gunung Merapi berstatus Siaga. Pengunjung diimbau untuk menaati protokol kesehatan dan selalu menggunakan masker.

Dikutip dari situs webnya, Ledok Sambi yang berada di Jl. Kaliurang Km. 19,2, Desa Sambi, Pakem, Sleman ini merupakan objek wisata yang menghampar di lembah Kali Kuning. Di tempat ini wisatawan bisa menikmati sawah membentang, ladang dan rumput hijau seluas mata memandang, termasuk menikmati pemandangan puncak Merapi.

Sejumlah paket wisata ditawarkan seperti paket rombongan kantor, paket keluarga, paket pelajar dan paket spesial. Beragam kegiatan mulai dari fun games sampai bajak sawah, dari naik perahu kayak sampai melukis gerabah, semuanya dapat Anda nikmati di Ledok Sambi. Bagaimana, Anda tertarik?