Advertisement

Sambut Natal dan Tahun Baru, Ratusan Lampion Warna-warni Hiasi Alun-Alun Kota Magelang

Nina Atmasari
Jum'at, 25 Desember 2020 - 06:17 WIB
Nina Atmasari
Sambut Natal dan Tahun Baru, Ratusan Lampion Warna-warni Hiasi Alun-Alun Kota Magelang Ratusan lampion dipasang di Alun-Alun Kota Magelang, Jawa Tengah. - Ist/dok Prokompim Pemkot Magelang

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG – Ada yang menarik di Alun-Alun Kota Magelang, Jawa Tengah. Pada musim liburan akhir tahun ini, ratusan lampion warna-warni dipasang di kawasan pusat Kota Magelang tersebut.

Kepala Bidang Pengelolaan PJU, Pertamanan, dan Pemakaman Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang, Yetty Setiyaningsih mengatakan pemasangan lampion ini diharapkan menambah semarak Kota Magelang mendekati hari raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Advertisement

Sebelumnya, lampion yang dipasang berwarna merah dan putih guna menyambut HUT RI pada Agustus 2020 lalu. “Sekarang, kami ganti menjadi warna-warni guna menyambut datangnya perayaan Natal dan Tahun Baru," ujar Yetty, Selasa (22/12/2020).

Baca juga: Hong Kong Izinkan Warga Pilih Vaksin Sesuai Keinginan

Ia berharap pemasangan lampion ini menambah semaraknya kota, karena di masa pandemi Covid-19 ini Pemkot Magelang tidak mengadakan perayaan tahun baru.

Lebih lanjut, pihaknya berencana agar lampion yang dipasang akan disesuaikan dengan tema atau momen tertentu, misalnya Imlek berwarna merah, dan di momen Natal Tahun Baru kali ini berwarna-warni.

Menurut Yetty, warna yang beraneka ragam mengandung filosofi bahwa masyarakat Kota Magelang yang majemuk dan beragam. Warna-warni juga berari meriah dan gembira meski di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: 8.750 Kelompok Usaha Terima Bantuan Program Tenaga Kerja Mandiri JPS Covid-19

Ada dua lokasi yang dipasang sebanyak 286 buah lampion, yakni di depan Markas Polres Magelang Kota sebanyak 117 buah lampion dan lokasi kedua di depan Trio Plaza sebanyak 169 buah lampion.

“Adanya lampion ini ada sejak bulan Juli 2020 lalu. Tujuannya menambah daya tarik estetika kawasan alun-alun. Khususnya di malam hari, karena lampu lampion bisa menerangi kawasan tersebut. Warnanya berubah agar masyarakat tidak bosa menikmatinya,” jelasnya.

Menurut rencana warna lampion akan kembali berganti pada momen Hari Jadi Kota Magelang pada sekitar bulan April 2021. Hanya saja, ia belum menyebutkan akan mengusung warna apa di momen spesial tersebut.

“Sebelum Hari Jadi Kota Magelang tahun 2021 akan kita ganti lagi warnanya. Jadi, sementara ini masyarakat bisa menikmati warna-warni lampu lampion tersebut bisa dengan berswafoto atau membuat videonya sebelum nanti berganti warna lagi,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Berikut Daftar Ucapan Hari Kartini yang Dirayakan Setiap 21 April

Lifestyle
| Sabtu, 20 April 2024, 13:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement