Nikmati Lezatnya Kuliner Ayam Kalkun Khas Pajangan Bantul

Pengunjung sedang menikmati menu kalkun di Warung Makan Sindon, Guwosari, Pajangan, Bantul-Harian Jogja - Ujang Hasanudin
08 Februari 2021 21:57 WIB Ujang Hasanudin Wisata Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Warung makan dengan menu ayam kampung dan ayam broiler di Bantul sudah biasa. Namun bagaimana dengan menu ayam kalkun? Ternyata ada warung makan dengan menu spesial kalkun, tepatnya di Dusun Sindon, Kalurahan Guwosari, Kapanewon Pajangan, Bantul.

Warung Sindon Pajangan yang baru buka sejak Oktober 2020 itu menyediakan menu kalkun, mulai dari kalkun goreng, rica-rica kalkun, kicik, dan gulai kalkun. Harganya juga relatif murah mulai dari Rp13.00-20.000 per porsi.

Pemilik Warung Makan Sindon, Muhaimin mengatakan sebelum mendirikan usaha warung makan dirinya melakukan survei kecil-kecilan. Untuk menu ayam kampung sudah banyak di Pajangan. Dia ingin yang berbeda, kemudian terpikir untuk menyajikan menu kalkun.

Hasil riset yang dia lakukan ternyata di Bantul belum ada warung makan atau restoran dan hotel yang menyediakan menu ayam kalkun, "Padahal penggemarnya di Bantul lumayan banyak. Akhirnya saya coba untuk memulai menyediakan menu kalkun," kata Muhaimin, Senin (8/2/2021).

Sejak buka Oktober sudah banyak penggemar menu kalkun. Dalam sehari lebih dari 100 porsi menu olahan kalkun laku di Warung Makan Sindon, "Kalau ada pesanan hari libur bisa lebih banyak," kata dia. Untuk hari biasa 15-20 kilogram kalkun habis.

Untuk bahan baku sendiri diakui Muhaimin tidak ada masalah meski jumlah penyuplai terbatas. Namun sejauh ini penyuplai kalkun siap jika dia membutuhkan berapa pun kalkun mentah, bahkan kalkun utuh juga siap.

BACA JUGA: Update Covid-19 DIY: 206 Positif, 255 Sembuh, 13 Meninggal Dunia

Soal cara masak tidak jauh berbeda dengan ayam kampung pada umumnya. Namun sedikit lebih lama. Dari daging kalkun mentah sampai menjadi menu siap saji membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Untuk mensiasati agar pelanggan tidak menunggu lama dia masak terlebih dahulu kalkun setengah matang.

Kemudian dari kalkun setengah matang tersebut dia racik ke berbagai menu sesuai pesanan mulai dari rica-rica, kicik, atau gulai. Dari daging setengah matang sampai siap saji membutuhkan waktu lebih kurang 10 menit.

Mahmudin, salah satu pelanggan ayam kalkun mengaku sudah tiga kali datang ke Warung Makan Sindon untuk menyantap menu kalkun. "Awalnya penasaran saja pas lewat kok ada menu ayam kalkun. Saya coba ternyata enak hampir mirip dengan ayam kampung. Hanya dagingnya lebih tebal dan seratnya lebih kasar," kata Mahmudin.

Senada dengan Nuryati, 61. Awalnya dia juga penasaran dengan menu ayam kalkun. "Dulu awanya saya mengira kalkun itu pasti alot tapi setelah dicoba empuk dan enak," ungkapnya.

Selain menu spesial kalkun, Warung Makan Sindon juga menyediakan menu lainnya mulai dari ayam kampung, ayam broiler, ikan laut, dan nasi goreng. Untuk minuman khas adalah teh telang.