Ini 10 Kota dengan Populasi Paling Sedikit di Dunia

Hum, Kroasia - istimewa
08 Mei 2021 21:27 WIB Mia Chitra Dinisari Wisata Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Ada kota-kota di dunia dengan populasi yang sangat kecil. Yang paling mengejutkan adalah banyak dari mereka sebenarnya adalah ibu kota.

Berikut sepuluh kota yang kami temukan cukup terisolasi dan kecil dilansir dari TheTravel :

1. Hum, Kroasia

Hum adalah nama yang sangat lucu untuk sebuah kota, dan yang satu ini tercatat memiliki populasi hanya 30 orang pada tahun 2011. Ia tidak hanya kecil, tetapi juga sangat tua. Dokumen yang berasal dari tahun 1102 telah menyebutkan kota ini. Padahal dulu, itu disebut "Cholm" bukan "Hum."

Pada tahun 1552, kota itu memiliki menara pengawas dan bel. Karena sejarahnya yang panjang, kota ini memang memiliki museum untuk pengunjung. Kroasia menganggap tempat ini sebagai kota terkecil di dunia dan mereka mungkin benar.

2. Adamstown, Kepulauan Pitcairn

Yang istimewa tentang Adamstown adalah bahwa tidak hanya ibu kota Kepulauan Pitcairn, itu adalah satu-satunya pemukiman di Kepulauan Pitcairn.

Seluruh penduduk sekitar 50 orang. Ada banyak pulau, tetapi pulau lain di luar Adamstown semuanya tidak berpenghuni. Dikenal sebagai ibu kota terkecil kedua di seluruh dunia dan hanya memiliki satu toko umum yang hanya buka tiga kali seminggu. Rupanya, mereka ingin lebih banyak orang pindah ke sini, tetapi tidak ada yang mau.

3. St. Asaph, Wales

Ini adalah populasi yang tidak terlalu kecil, tetapi masih berdiri sebagai kota terkecil kedua di Inggris dengan populasi sekitar 3.000.

Kota ini suka mempromosikan dirinya sebagai "Kota Musik" dan sesuai dengan namanya dengan menjadi tuan rumah festival musik internasional Wales yang menarik banyak penduduk lokal dan turis. Mereka juga dikenal karena gerejanya yang indah.

4. St. Davids, Wales

Mengalahkan St. Asaf sebagai kota terkecil di Inggris adalah St. Davids. Kota kecil ini dibangun di sekitar katedral cantik yang didirikan pada abad ke-6 dan seluruh tempat itu cukup kaya akan sejarah Kristen. Ini adalah tempat di mana St. Patrick dikatakan telah berlayar untuk mengubah Irlandia menjadi Kristen. Penduduknya hanya sekitar 1.600 orang.

Saat ini kota ini menjadi tempat jalan-jalan sempit, kafe, hotel, galeri seni, dan restoran.

5. Kota Vatikan, Italia

Sepertinya ini menampung banyak orang, tetapi penampilannya bisa menipu. Kota Vatikan berpenduduk sekitar seribu orang. Ini adalah negara kota mandiri yang luasnya hanya 110 hektar. Itu menjadikan tidak hanya salah satu kota terkecil tetapi negara berdaulat terkecil di seluruh dunia baik dari segi wilayah maupun penduduk.

6. Ngerulmud, Palau

Ibu kota Palau adalah salah satu ibu kota terpadat di dunia, dengan hanya sekitar 400 orang yang tinggal di daerah tersebut. Baru menjadi ibu kota baru-baru ini pada tahun 2006.

Bagi yang belum tahu, Palau merupakan negara yang terdiri dari sekitar 346 pulau. Kota Ngerulmud terletak di pulau terbesar tetapi terasa cukup terisolasi dengan tidak banyak yang bisa dilakukan wisatawan kecuali Anda ingin mengunjungi gedung-gedung pemerintah.

7. Funafuti, Tuvalu

Pulau utama dan ibu kota Tuvalu mungkin bukan kejutan besar jika Anda sudah tahu bahwa itu adalah salah satu negara demokrasi terkecil di dunia. Seluruh bangsa hanya memiliki populasi 10.000. Sangat kecil karena daratannya hanya terdiri dari sekelompok atol yang berada di selatan khatulistiwa.

Ini jelas merupakan tempat yang indah dan terpencil, dan hanya memiliki sedikit jalan. Faktanya, semua jalan terbuat dari tanah dan pecahan karang sebelum diaspal pada tahun 2002. Karena iklim tropisnya, pengunjung sebaiknya melakukan banyak penelitian cuaca sebelum berkunjung.

8 San Marino, San Marino

San Marino adalah negara mikro yang dikelilingi oleh Italia. Kota ini berpenduduk sekitar 4.000 orang. Itu indah dan memiliki banyak pengunjung setiap tahun karena berada di puncak Gn. Titano dengan pemandangan yang menakjubkan. Faktanya, pariwisata adalah cara banyak penduduk menghasilkan sebagian besar pendapatan mereka. Mereka akan senang jika Anda berkunjung!

San Marino terkenal sebagai salah satu negara merdeka terkecil di Eropa dan salah satu republik terkecil di dunia.

9. Vaduz, Liechtenstein

Ibu kota Liechtenstein menampung sekitar 5.000 penduduk. Landmark yang paling menonjol adalah kastilnya, Kastil Vaduz. Kastil berada di atas bukit yang dapat dilihat dari bagian manapun dari kota kecil.

Seperti beberapa kota lain dalam daftar ini, kota ini memiliki industri pariwisata yang hidup. Itu berhasil menarik orang meskipun tidak memiliki bandara atau bahkan stasiun kereta api. Faktanya, bandara terdekat berjarak 75 mil. Stasiun terdekat hanya berjarak 1,6 km. Jadi berjalan kaki satu mil dari stasiun adalah pilihan terbaik Anda atau Anda dapat menemukan bus untuk melakukan perjalanan.

10. Opatowiec, Polandia

Pada tahun 2006, kota kecil ini tercatat memiliki populasi sekitar 338 jiwa. Seperti kebanyakan Polandia, sejarah kota ini sangat panjang dan menarik. Memiliki gereja Dominika abad ke-15 dan Józef Klemens Pilsudski untuk wisatawan bersejarah.

Pada titik tertentu, kota itu hancur total pada tahun 1600-an dari tentara Swedia dalam Air Bah. Kemudian dihancurkan lagi dalam Perang Dunia I dan lagi dalam Perang Dunia II. Itu menunjukkan bahwa manfaat besar bagi kota kecil: dapat dengan mudah dibangun kembali.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia