Alternatif Liburan 17 Agustus: Wisata Virtual ke 5 Museum Ini Boleh Dicoba

Museum Nasional - Bisnis/Andhika Anggoro
16 Agustus 2021 23:37 WIB Ayyubi Kholid Saifullah Wisata Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat masih belum berakhir. Di masa PPKM juga kerumunan menjadi hal yang harus di hindari demi membantu memutus rantai penularan COVID-19.

Namun, banyak masyarakat yang sudah tidak sabar ingin meluapkan kepenatannya dengan berlibur, berwisata atau sekedar berjalan-jalan.

Kabar baik datang dari museum di Indonesia. Masyarakat yang gemar berlibur dengan berkunjung ke museum, kini ada beberapa museum di Indonesia yang menyediakan layanan tour virtual. 

Dilansir dari lama Direktorat SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Senin (16/9/2021)

Berikut 5 museum yang menyediakan layanan wisata virtual.

1. Museum Nasional (Jakarta)

Museum Nasional atau sering dikenal dengan nama "Museum Gajah" Museum yang memiliki lebih dari 160.000 benda-benda bersejarah yang terdiri dari 7 jenis koleksi Prasejarah, Arkeologi masa Klasik atau Hindu-Budha, Numismatik dan Heraldik, Keramik, Etnografi, Geografi dan Sejarah. 

Untuk mengunjungi Museum Nasional secara virtual, Anda bisa mengunjungi situs https://museumnasional.iheritage.id/. 

2. Museum Kepresidenan (Jawa Barat)

Museum Kepresidenan menyediakan layanan wisata secara virtual untuk masyarakat yang ingin mengetahui informasi tenang para presiden di Indonesia.

Masyarakat juga dapat melihat koleksi pribadi milik presiden, teks Proklamasi, Koleksi patung keenam presiden Indonesia, dan koleksi lainnya. 

Untuk melihat koleksi dari Museum Kepresidenan, Anda bisa mengunjungi laman https://museumkepresidenan.indonesiaheritage.org/. 

3. Museum Sangiran (Jawa Tengah)

Anda bisa menemukan berbagai benda peninggalan masa pra sejarah di Indonesia dengan berkunjung ke Museum Sangiran di Jawa Tengah. 

Terdapat 5 klaster yang disediakan Museum Sangiran yaitu Klaster Ngebung, Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Bukuran, dan Museum Lapangan Manyarejo. 

Untuk menikmati layanan tour virtual Museum Sangiran Anda bisa mengunjungi situs https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/virtualmuseum/. 

4. Museum Benteng Vredeberg (Yogyakarta)

Anda bisa mendapatkan informasi tentang kisah perjuangan nasional Bangsa Indonesia dengan mengunjungi Museum Benteng Vredeberg melalui tour virtual. 

Anda bisa melihat koleksi museum yang berada di Provinsi D.I Yogyakarta ini secara visual dan mendapatkan informasi lengkap tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia. 

Anda cukup mengunjungi laman https://virtualtourvredeburg.id/ untuk menikmati layanan wisata virtual museum ini. 

5. Museum Seni Rupa dan Keramik (Jakarta)

Museum Seni Rupa dan Keramik memiliki kurang lebih 450 koleksi lukisan dan sketsa serta 5.000 koleksi keramik nusantara dan benda muatan kapal tenggelam.

Museum Seni Rupa dan Keramik yang bertepatan di jakarta ini juga menyediakan layanan tour virtual yang bisa Anda nikmati selama PPKM.

Untuk menikmati layanan wisata virtual museum ini, Anda bisa mengunjungi laman https://www.mitramuseumjakarta.org/events/seni.

Sumber : Bisnis.com