Viral Bukit Becak Gunungkidul, Warganet Sebut Serasa di Finlandia atau Austria

Pemandangan Bukit Becak di Giriharjo, Panggang, Gunungkidul. - Ist/tangkapan layar
02 November 2021 17:47 WIB Nina Atmasari Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki kekayaan alam yang indah sehingga berpotensi menjadi destinasi wisata. Banyak destinasi wisata muncul dari tempat-tempat tersembunyi di sudut DIY.

Meski demikian, masih banyak tempat-tempat tersembunyi yang belum belum dikenal oleh masyarakat luas. Salah satunya adalah Bukit Becak yang ada di Giriharjo, Panggang, Gunungkidul.

Pemandangan Bukit Becak ini seperti diunggah oleh akun twitter @OrchidWaone pada 19 September 2021. "Gunungkidul serasa finlandia ataupun Austria. Ada yang pernah kesini ?," tulisnya dalam unggahan.

Baca juga: Asyik... Ketep Pass Magelang Mulai Uji Coba Buka untuk Wisatawan, Ini Aturannya

Foto pemandangan ini kemudian diunggah ulang oleh akun @JogjaUpdate pada Senin (1/11/2021).

"Ke tempat ini waktu nganter turis dari finlandia ( sarah & sophia ) yang muter" wisata yogya 3 hari 2 mlm bersama sy .. mereka lah yg mengatakan klo tempat ini serasa di negara nya ..," tambak @OrchidWaone.

Lurah Giriharjo, Aris Eko Widiyanto membenarkan foto tersebut diambil dari Bukit Becak. Ia mengungkapkan Bukit Becak merupakan salah satu sudut di wilayah Desa Giriharjo yang menawarkan panorama alam yang indah.

Dari atas bukit tersebut, bisa terlihat pemandangan lembah Bantul. "[Pemandangannya] Sepanjang batas Bantul. Tebing masih wilayah kita Banyumeneng Giriharjo. Lembahnya Selopamioro Bantul," katanya, kepada Harianjogja.com, Selasa (2/11/2021).

Baca juga: Begini Tips Traveling Saat Pandemi Biar Aman

Ia menjelaskan di Giriharjo terdapat gugus tebing memanjang sampai ke barat bersambung ke arah Gua Cerme Bantul. Bukit Becak adalah salah satu titik di gugus tebing tersebut.

Adapun titik lain yang juga indah adalah Bukit Kunang-kunang dan Bukit Subro. Di Bukit Kunang-kunang bahkan sudah ada villa yang dibangun oleh investor dan ada proses pembangunan galeri batik.

Adapun Bukit Becak, belum banyak sentuhan. Pemerintah Kalurahan telah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan pada 2019 sudah membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) namun untuk penyertaan modal terkendala Covid-19, saat banyak anggaran desa di-refokusing.

"Ada rekan investor pemilik bukit Kunang-kunang yang tertarik mengembangkan Bukit Becak juga. Calon investor itu ingin tanah dibeli dan pengelolaannya oleh masyarakat, tapi yang punya tanah belum ada keinginan melepas," katanya.

Adapun infrastruktur ke lokasi tersebut sudah ada cor rabat jalan lingkar Bukit Becak. Selanjutnya, jika ingin ke titik terindah, harus jalan kaki setapak sekitar 150 meter. Di lokasi itu sudah ada gardu sederhana tempat menikmati pemandangan.

Untuk menuju ke Bukit Becak, wisatawan bisa masuk melalui Imogiri Kota pilih rute ke arah Panggang. Setelah sampai di Panggang, sekitar 200 meter sebelum Kopi Panggang Resto ada perempatan ambil ke arah Banyumeneng. "Setelah sampai SD banyumeneng Gunungkidul, nanti tanya warga, lokasinya dekat situ. Jarak dari Imogiri sekitar 28 km," kata Aris.

Nah, itulah pesona Bukit Becak Gunungkidul. Siap-siap agendakan waktu ke sana, yuk!