Bisa Jadi Pilihan Tempat Tinggal, Ini 9 Kota Ternyaman di Indonesia

Kota ternyaman di Indonesia - Foto/Instagram @gungaay
04 November 2021 00:37 WIB Newswire Wisata Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Kota yang layak huni tentu jadi impian banyak orang untuk dijadikan tempat tinggal.

Terlebih, bagi mereka yang terbiasa hidup dengan udara panas dan dipenuhi sesak laju kendaraan.

Sudah pasti, tempat tinggal yang aman, dan nyaman, menjadi keinginan tersendiri. Nah, ternyata letak kota nyaman itu juga ada Indonesia.

Kota-kota ini dianggap nyaman dan layak huni, karena dianggap lulus dalam penilaian beberapa indikator kelayakan hidup.

Di antaranya, ketercukupan pangan, fasilitas peribadatan, pengelolaan air bersih, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, transportasi, hingga tingkat keselamatan kota.

Berikut sjeumlah kota ternyaman di Indonesia seperti dikutip dari Okezone.com-jaringan Harianjogja.com.

1. Solo (Jawa Tengah) Daerah yang dikenal dengan sebutan Surakarta ini menduduki peringkat pertama pada daftar kota ternyaman di Indonesia.

Solo dianggap sebagai kota layak huni di Indonesia karena memiliki indeks penilaian sebesar 66,9 persen.

2. Lembang (Bandung Barat) Siapa tak kenal Lemabang di Bandung Barat, Jawa Barat? Ya, wilayah ini berada pada ketinggian antara 1.312 hingga 2.084 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kota ini juga berada pada daerah yang terletak di pegunungan, dengan suhu rata-rata berkisar antara 17-27 derajat Celsius.

3. Palembang (Sumatra Selatan) Pantas saja bila daerah berjuluk Kota Pempek ini dipilih sebagai tuan rumah Asian Games 2018 lalu, bersama dengan Jakarta.

Sebabnya, Palembang dikenal sebagai kota ternyaman di Indonesia, karena memiliki indeks penilaian sebesar 66,6 persen.

4. Balikpapan (Kalimantan Timur) Berikutnya, berhasil menduduki peringkat keempat sebagai kota ternyaman di Indonesia adalah Balikpapan.

Dikenal sebagai pusat bisnis di Kalimantan Timur, kota ini memiliki indeks 65,8 persen, dan dianggap sebagai kota terbaik untuk pensiun di Indonesia. Baca juga: 5 Kota Terindah di Indonesia, Bandung hingga Manado
5. Denpasar (Bali) Ibu kota provinsi Bali ini menempati urutan kelima dalam daftar kota ternyaman dengan indeks penilaian kelayakan hidup sebesar 65,5 persen. Hal itu dikarenakan Denpasar dikenal memiliki tingkat kebahagiaan hidup yang tinggi dan sarana publik yang baik.

6. Semarang (Jawa Tengah) Selanjutnya, dengan nilai indeks 65,4 persen ada Semarang yang dikenal juga sebagai kota ternyaman di Indonesia. Semarang dianggap sebagai kota layak huni di Indonesia 2021, karena punya fasilitas publik yang nyaman.

7. Batu (Jawa Timur) Kota Batu terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini berjarak 90 km sebelah barat daya Surabaya atau 15 km sebelah barat laut Malang.

Kota Batu terletak pada ketinggian rata-rata 680-1.200 meter dari permukaan laut. Kondisi topografi kota ini yang sebagian besar pegunungan dan perbukitan membuatnya sejuk dengan suhu rata-rata berkisar 15-19 derajat Celsius.

8. Gayo Lues (Aceh) Gayo Lues adalah salah satu kabupaten di provinsi Aceh, Indonesia. Terletak di ketinggian mencapai 1.000 meter dari permukaan laut. Suhu di tempat ini bisa mencapai 19 derajat Celsius, menjadikan kota ini dikenal sebagai salah satu kota terdingin di Indonesia.

9. Berastagi (Sumatra Utara) Berastagi merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Kota ini berada pada ketinggian lebih dari 1.300 mdpl, sehingga menjadikan kota ini menjadi salah satu kota terdingin yang ada di Indonesia.

Artikel ini telah tayang di https://travel.okezone.com/dengan judul "Sederet Kota Ternyaman di Indonesia, Nomor 5 Ikon Pariwisata Favorit Turis Asing : Okezone Travel"

Sumber : Okezone.com