Gowes Keliling Jogja, Sempatkan Singgah di Kampung Wisata

Pesepeda melintasi salah satu rute Romansa Kota Lawas yang melintasi Gang Makmur, Kampung Wisata Purbayan. - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri
20 November 2021 08:07 WIB Lajeng Padmaratri Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Dispar Kota Jogja kini tengah gencar mendorong wisata sehat. Wisata sehat tersebut adalah wisata yang mengedepankan peningkatan kesehatan, kebugaran fisik, sekaligus pemulihan kesehatan mental wisatawan.

Kabid Pemasaran Wisata Dispar Kota Jogja Andrini Wiramawati menuturkan peningkatan masyarakat terhadap kegiatan bersepeda perlu ditangkap menjadi peluang wisata.

"Kami telah mengembangkan sejumlah jalur wisata sepeda yang memberikan pengalaman gowes yang berbeda. Pasalnya, rute gowes di Kota Jogja melintasi sejumlah kampung wisata.

Hingga kini ada lima jalur yang sudah dikembangkan oleh Dinas Pariwisata Kota Jogja, meliputi rute Romansa Kota Lawas, Tilik Jeron Beteng, Masuk Kampung Susur Sungai, Masuk Kampung 2, serta rute Taman Pintar.

"Wisatawan yang melintasi kelima jalur itu otomatis bisa singgah di kampung-kampung wisata yang menarik di Kota Jogja, karena jalur sepeda itu melintasi belasan kampung wisata," kata dia.

Saat ini, Kota Jogja memiliki 17 kampung wisata dengan berbagai daya tarik yang ada. Pelancong bisa berwisata sepeda sekaligus menikmati keunikan budaya, atraksi, kuliner, kerajinan, serta keramahtamahan warga.

Dari ke-17 kampung wisata ini, ada beberapa destinasi wisata menarik yang bisa dijadikan tempat pemberhentian jalur gowes. Di antanya Masjid Perak Kotagede, Makam Raja Kotagede, Mata Air Belik Tanjung, Kanal Ikan Mina Julantoro, Kebun Sayur Ngundi Mulyo, Taman Flamboyan, Embung Langensari, Taman Bakung Sentra, Kerajinan Kulit Keparakan, dan Taman Inspirasi Code.

Kampung Wisata Purbayan, salah satu spot kampung wisata di Jogja. (Harian Jogja/Lajeng Padmaratri) 

Kampung Wisata Purbayan

Salah satu rute gowes melintasi kampung wisata yang menarik ialah Kampung Wisata Purbayan di Kotagede. Dengan potensi situs cagar budaya dan bangunan bersejarah di Purbayan seperti Komplek Makam Raja Mataram dan Batu Gilang, wisatawan bisa seolah bersepeda ke masa lampau.

Setelah gowes, wisatawan juga bisa mampir ke Pasar Kotagede untuk menikmati kudapan khasnya yaitu Kipo. Makanan bercitarasa manis ini terbuat dari tepung beras ketan dan berisi parutan kelapa dicampur gula jawa. Kuliner khas Kotagede ini bisa menjadi oleh-oleh setelah gowes dari Kampung Wisata Purbayan.

Untuk mengunjungi kampung wisata tidak ada biaya retribusi bagi pegowes. Namun, jika pegowes mengambil paket wisata dari kampung wisata yang bersangkutan, maka ada sejumlah tarif yang dikenakan sesuai paket yang diambil.

Untuk menuju berbagai kampung wisata di Kota Jogja juga bisa melintasi askes lain selain jalur gowes. Sebab, kampung wisata itu strategis dan bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor pribadi maupun dengan akses transportasi umum.