Ini Daftar 5 Tempat Wisata Tertua di Indonesia

Sejumlah wisatawan menyaksikan Gajah sumatra (Elephas maximus sumatranus) di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Kamis (14/5/2021). - Antara\\r\\n
10 Januari 2022 16:47 WIB Intan Riskina Ichsan Wisata Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Jika Anda penggemar sejarah, Anda tidak perlu bepergian ke luar negeri untuk menjelajahi tempat-tempat menarik.

Indonesia adalah rumah bagi sejumlah tempat wisata kuno, serta tempat-tempat yang telah memainkan peran penting dalam sejarah negara.

Berikut lima tempat wisata tertua di Indonesia yang penuh dengan peninggalan sejarah dikutip dari berbagai sumber :

1. Kebun Binatang Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan didirikan pada tanggal 19 September tahun 1864 di Batavia (kini Jakarta) dengan nama “Planten en Dierentuin” ini pertama kali di kelola oleh perhimpunan penyayang Flora dan Fauna Batavia (Culture Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia). Kebun Binatang Ragunan dibuka secara resmi pada 22 Juni 1966 oleh Gubernur DKI Jakarta Mayor Jenderal Ali Sadikin dengan nama Taman Margasatwa Ragunan.

2. Taman Nasional Komodo

Komodo, menjadi taman nasional tertua di Indonesia. Meskipun kawasan ini sudah ditetapkan sebagai kawasan konservasi pertama di Indonesia dengan status Cagar Alam pada tahun 1889, namun ditetapkan sebagai hari jadinya pada tanggal 6 Maret 1980. Pelayanan perijinan masuk kawasan konservasi (khususnya pendakian dan penelitian) kini sudah lebih mudah dan berbasis online. Sudah mulai mengukur daya dukung destinasi wisata per site dan penentuan quotanya serta sistem buka tutup sejak tahun 2010.

3. Museum Radya Pustaka

Museum tertua di Indonesia ini didirikan oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV pada 18 Oktober 1890. Terletak di Jalan Slamet Riyadi, tidak jauh dari Taman Sriwedari, terdapat sebuah bangunan yang menjadi bukti pentingnya pengarsipan bagi masyarakat Solo.

Secara etimologi, “radya” berarti pemerintah, sementara “pustaka” berarti surat. Tempat ini dulunya merupakan tempat penyimpanan surat-surat kerajaan. Seiring berjalannya waktu, yang disimpan di dalam tempat ini tidak hanya surat, tapi juga berbagai benda penting yang berhubungan dengan kerajaan. Dan semakin lama, seiring semakin bertambahnya koleksi yang dimiliki, tempat ini pun menjadi museum.

4. Bandara Kemayoran

Inilah bandara pertama di Indonesia yang dibuka untuk penerbangan internasional. Landasan Bandara Kemayoran mulai dibangun tahun 1934 oleh pemerintah kolonial Belanda, dan diresmikan tanggal 8 Juli 1940 sebagai lapangan terbang internasional. Kini, eks Bandara Kemayoran berubah menjadi kompleks Pekan Raya Jakarta, dan Kotabaru Kemayoran. Di bandara juga masih terdapat menara pengawas udara, yang menjadi sisa peninggalan kejayaan bandara dengan menara pengawas lalu-lintas udara pertama di Indonesia.

5. Mall Sarinah

Sarinah adalah pusat perbelanjaan setinggi 74 meter dan 15 lantai yang terletak di Menteng, Jakarta. Gedung ini mulai dibangun pada tahun 1963 dan diresmikan pada tahun 1967 oleh Soekarno. Sarinah adalah pusat perbelanjaan pertama di Indonesia dan juga pencakar langit pertama di Jakarta.

Nama Sarinah berasal dari nama pengasuh Soekarno pada masa kecil dan pertama digagas oleh Soekarno, menyusul lawatannya ke sejumlah negara yang sudah lebih dulu memiliki pusat belanja modern. Gedung Sarinah selesai dibangun serta diresmikan pada 15 Agustus 1966, dapat dikunjungi mulai Maret 2022.

Sumber : Bisnis.com