Advertisement

Tinggal Petik, Ada Wisata Kebun Jeruk Keprok di Bantul

Catur Dwi Janati
Selasa, 08 Maret 2022 - 18:47 WIB
Bhekti Suryani
Tinggal Petik, Ada Wisata Kebun Jeruk Keprok di Bantul Ketua Komisi B DPRD Bantul, melakukan peninjauan potensi budidaya jeruk lahan pasir di Srigading, Sanden beberapa waktu lalu - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Petani jeruk keprok lahan pasir pesisir Sanden tengah menantikan wisatawan di libur Lebaran tahun ini. Bertepatan dengan musim panen, petani berencana membuka kebun budi daya jeruk keprok lahan pasir sebagai destinasi agro di pesisir Sanden.

Petani jeruk keprok lahan pasir, Yuni mengatakan saat ini rata-rata usia buah jeruk di lahannya telah mencapai umur tiga bulan. Padahal usia matang jeruk keprok berkisar lima bulan. Karena akan matang dua bulan lagi yang bertepatan pada Lebaran, Yuni berencana membuka kebunnya untuk dijadikan destinasi alternatif di pesisir Sanden selain Pantai Samas. "Kami punya keinginan untuk membuka kebun jeruk ini sebagai destinasi agrowisata saat libur Lebaran mendatang," tutur Yuni pada Selasa (8/3/2022).

Advertisement

Dengan luas kebun kurang lebih 2.000 meter persegi, Yuni optimistis kebun buah jeruknya bakal dapat menarik wisatawan. Terlebih letak kebun yang berada tepat di sisi Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS) yang mudah dijangkau oleh wisatawan.

BACA JUGA: Aturan Baru Perjalanan Terbit, Anak di Bawah 6 Tahun Masih Perlu Antigen atau PCR?

Tidak hanya menawarkan sensasi memetik jeruk dari pohonnya, hamparan kebun jeruk dinilai Yuni cukup apik dijadikan latar untuk swafoto atau selfie. "Wisatawan nantinya bisa memilih dan memetik buah jeruk yang telah matang. Kemudian ditimbang dan dibayar, untuk harganya dipastikan lebih murah dari harga pasaran," tegas Yuni.

Sebagai daya tarik dan promosi, Yuni berencana tidak akan memungut tiket masuk bagi para pengunjung yang singgah ke kebun jeruk miliknya. Pengunjung hanya cukup membayar buah-buah yang telah dipetik dengan harga yang dijamin Yuni miring. 

Bersebelahan dengan lahan budi daya cabai di luar musim, Yuni yang juga anggota  Forum Komunikasi Petani Ngrembaka Nir Sambikala, Srigading juga mengusulkan untuk membuka lahan sebagai agrowisata. Sama halnya dengan kebun jeruk keprok, wisatawan bisa terjun langsung ke lahan untuk memetik cabai rawit dan membelinya dari petani.

Sementara itu Bendahara Forum Komunikasi Petani Ngrembaka Nir Sambikala, Srigading, Abdul Mukid mendukung wacana pembukaan kebun untuk agrowisata. Menurutnya rencana ini dapat menjadi solusi ganda untuk perekonomian warga dengan memadukan pertanian dan wisata sekaligus. Sehingga petani tak melulu mengandalkan hasil penjualan panen saja.

"Ketika ada destinasi agrowisata, tentunya lingkungan di sekitar destinasi juga akan terdampak ekonominya. Mereka bisa menjajakan hasil pertanian, hingga membuat lapak atau warung yang dapat disinggahi wisatawan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Hindari Minum Teh Setelah Makan, Ini Risikonya bagi Tubuh

Lifestyle
| Jum'at, 26 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement