Advertisement

Kuliner Legendaris Lereng Merapi, Nomor 4 Melegakan Tenggorokan

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 18 Maret 2022 - 13:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kuliner Legendaris Lereng Merapi, Nomor 4 Melegakan Tenggorokan Jadah Tempe Mbah Carik - Facebook @Jadah Tempe Mbah Carik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Berwisata ke daerah lereng Merapi tidak lengkap rasanya jika tidak sekaligus berwisata kuliner. Di sana banyak makanan legendaris. Beberapa di antaranya bahkan sulit ditemukan di daerah lain. 

Objek wisata di daerah lereng Merapi cukup banyak. Di sisi barat ada Kaliurang. Kawasan itu menyediakan beragam jenis wisata mulai wisata alam seperti Telaga Putri hingga Goa Jepang. Ada pula wisata budaya yang ditawarkan Museum Ulen Sentalu. Bagi yang ingin ke kebun binatang juga ada Suraloka Zoo. 

Advertisement

Sementara di sisi timur ada Bukit Klangon, Bunker Kaliadem, hingga The Lost Word. Sayangnya, wisata di kawasan ini ditutup pasca erupsi Merapi pada Rabu 9 Maret 2022 lalu. 

Di objek-objek wisata itu menyajikan menu kuliner yang khas. Berikut ini Harianjogja.com merangkum makanan legendaris khas kawasan lereng Merapi yang bisa dinikmati sembari berwisata:

1. Jadah Tempe

Makanan ini merupakan gabungan dua makanan tradisional khas Jogja yaitu jadah dan tempe. Untuk jadahnya dibuat dari beras ketan dan kelapa parut. Sementara tempenya berasal dari kedelai yang dimasak bacem. 

Baca juga: Tak Semua Wisata Lereng Merapi Ditutup, Sejumlah Objek Wisata Ini Tetap Dibuka

Makanan ini menjadi kuliner ikonik Kaliurang. Saat memasuki wilayah ini, wisatawan sudah disambut dengan pedagang jadah tempe yang berjajar di pinggiran jalan.

Harganya cukup terjangkau. Untuk satu porsi hanya dibanderol Rp10.000, berisi lebih dari 5 pasang jadah tempe. Salah satu produk jadah tempe yang terkenal adalah Jadah Tempe Mbah Carik.

2. Wajik

Pedagang jadah tempe di Kaliurang biasanya juga menjajakan wajik. Wajik adalah makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan. Berbeda dengan jadah yang cenderung memiliki tekstur lembut dan rasanya gurih, wajik memiliki tekstur kasar dan rasanya manis. 

Rasa manis diperoleh dari campuran gula merah. Gula merah itu pula yang membuat warna wajik menjadi coklat kemerahan. Harganya juga terjangkau seperti jadah tempe. Cukup membayar dengan uang Rp10.000, wisatawan sudah merasakan kenyang. 

3. Sate Kelinci

Di area parkir Objek Wisata Telaga Putri berjajar warung-warung makan yang buka setiap hari. Salah satu menu yang ditawarkan adalah sate kelinci. 

Tidak hanya di situ, pedagang sate kelinci juga bisa ditemui di depan area Taman Kaliurang, tempat para pedagang kuliner asongan berjualan. Di situ asap pembakaran sate kelinci membawa aroma yang sedap sehingga membuat wisatawan merasa lapar. 

Dengan uang Rp25.000, wisatawan sudah bisa menikmati satu porsi sate kelinci. 

3. Wedang Jahe

Warga lereng Merapi ada yang memproduksi minuman jahe. Bubuk-bubuk sari jahe tersebut membantu untuk menghangatkan badan di tengah cuaca dingin lereng Merapi. 

Wedang jahe ini dijual dengan harga Rp5.000 per cangkir. Rasa pedasnya akan bercampur dengan rasa lega di tenggorokan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kelompok Jaga Warga Diharapkan Dapat Ikut Menyelesaikan Konflik di Masyarakat

Gunungkidul
| Kamis, 18 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia 20 Negara dengan Udara Paling Tercemar di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Lifestyle
| Kamis, 18 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement