Advertisement

Duit Mepet? Kunjungi Wisata Gratis di Jogja Saja! Ini Tempatnya...

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 05 Mei 2022 - 11:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Duit Mepet? Kunjungi Wisata Gratis di Jogja Saja! Ini Tempatnya... Tugu Pal Putih atau Tugu Jogja - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Tidak punya duit banyak tapi ingin piknik? Datang saja ke Jogja!

Di Jogja, banyak objek wisata yang bisa diakses tanpa membayar biaya retribusi. Paling-paling pengunjung hanya dikenai tiket parkir.

Advertisement

Selain gratis, beberapa objek wisata yang ada di Jogja juga menawarkan beragam kuliner dan spot instagramable.

Mau tahu di mana saja? Berikut ini objek wisata gratis di Jogja yang bisa Anda kunjungi saat libur Lebaran ini:

1.Tugu Pal Putih

Sebagai ikon Jogja, Tugu Golong Gilig atau Tugu Pal Putih tidak pernah sepi pengunjung. Mereka tidak perlu membayar tiket untuk bisa berfoto di seputaran Tugu Jogja ini.

Namun Anda perlu berhati-hati saat foto di Tugu karena lokasinya berada di tengah-tengah simpang empat yang ramai kendaraan. Tidak disarankan untuk berfoto di sampingnya karena pemerintah sudah memberikan batas dengan pagar besi di sekeliling Tugu Jogja.

Anda bisa berfoto dari monumen Tugu Golong Gilig yang ada di tenggara Tugu Jogja atau di cafe-cafe yang ada di seputaran Tugu sembari mencicipi hidangan buka puasa.

2. Bukit Bintang

Bukit Bintang yang berada di Jalan Jogja-Wonosari kawasan Patuk merupakan objek wisata gratis yang ada di Jogja. Pengunjung tidak dikenai tarif masuk karena destinasi wisata ini terbuka bebas dan terletak di pinggir jalan raya.

Baca juga: 5 Tempat Wisata yang Kerap Dijadikan Tempat Padusan Favorit di Jogja

Pengunjung hanya cukup membayar uang parkir untuk motor, mobil, dan jenis kendaraan lainnya.

Bukit Bintang menawarkan keindahan panorama dari perbukitan. Saat malam hari, gemerlapan lampu kota akan terlihat jelas seperti lautan bintang di angkasa.

Banyak warung makan yang berdiri di sepanjang jalan. Anda bisa datang sekitar pukul 17.00 WIB untuk memesan makanan, menunggu waktu berbuka puasa, sembari menanti sunset yang terlihat di ujung barat.

3. Titik Nol Jogja

Siapkan uang parkir saja jika ke Titik Nol karena berwisata di tempat ini tidak dipungut biaya. Tidak ada karcis masuk alias gratis.

Dengan uang yang relatif murah, Anda sudah bisa menikmati suasana Jogja yang selalu dirindukan banyak orang itu. Anda bisa duduk di pedestrian sembari berfoto dan juga menyaksikan lalu lalang transportasi tradisional andong yang membawa penumpang.

Di situ Anda juga bisa berfoto di Monumen Serangan Umum 1 Maret yang berada tepat di sisi timur laut Titik Nol. Butuh jajan untuk buka puasa? Anda bisa merapat ke sisi selatan Titik Nol karena di situ banyak pedagang makanan yang berderet di sepanjang jalan.

4. Alun-Alun Kidul

Objek wisata yang ada di Jalan Alun Alun Kidul, Patehan, Kraton, Kota Jogja ini juga gratis untuk umum. Anda hanya butuh uang sekitar Rp5.000 untuk parkir kendaraan.

Waktu yang tepat untuk datang ke sini adalah sore hari menjelang senja agar tidak terlalu panas. Tempat ini merupakan lapangan terbuka di tengah kota sehingga jika siang hari akan terasa panas.

Anda bisa duduk santai di rerumputan alun-alun sembari menikmati bekal dari rumah untuk buka puasa. Bagi yang ingin mencicipi jajanan kaki lima juga bisa merapat ke tepi alun-alun. Banyak pedagang makanan dan minuman di situ, seperti wedang ronde, mi instan, jajanan kekinian seperti takoyaki, dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Kamis 25 April 2024: Kasus Penggelapan Pajak hingga Sosialisasi Tol Jogja-YIA

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Tingkat Kolesterol Bisa Diturunkan dengan Beberapa Suplemen

Lifestyle
| Selasa, 23 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement