Advertisement

Piknik Gunungkidul, Sempatkan Singgah ke "Surga Kecil" yang Satu Ini

Daffa Firdaus Najati/ST20
Sabtu, 21 Mei 2022 - 07:17 WIB
Arief Junianto
Piknik Gunungkidul, Sempatkan Singgah ke Desa Wisata Wulenpari. - Instagram @wulenpari

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Kabupaten Gunungkidul memiliki segudang wisata yang bisa menjadi alternatif liburan. Dari mulai wisata pantai hingga perbukitan yang sudah biasa kita dengar pesonanya.

Namun, terdapat wisata alam lain yang tak kalah menarik yang menawarkan pesona desa dengan hamparan sawah dan gemericik aliran sungai Oya yang menjadi sungai terpanjang di Gunungkidul. Wisata tersebut bernama Wulenpari.

Advertisement

Wulenpari merupakan wisata alam yang menyediakan restoran, homestay, seni tradisional, kemping, outbond, serta berpetualang naik mobil VW, hingga beragam kuliner tradisional. Selain itu, wisata ini juga memiliki suasana yang sejuk dan terdapat kegiatan wisata edukasi yang unik dan menarik. 

Tempat wisata ini berada Desa Beji, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, DIY, atau berjarak sekitar 26 kilometer dari pusat Kota Jogja dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

BACA JUGA: Asyik! Damri Layani Transportasi ke Tempat Wisata di Jogja dan Magelang, Ini Rutenya

Wulenpari menjadi wisata alam Gunungkidul yang memiliki daya tarik sendiri, untuk masuk ke dalam kawasan ini tidak dipungut biaya apapun. Namun, jika hendak menggunakan fasilitas di Wulenpari baru akan dikenakan biaya, di antaranya sebagai berikut:

Pengunjung menyusuri Sungai Oya./Instagram @Wulenpari

Menyusuri Kali Oya

Pengelola wisata Wulenpari yang berada di sisi Kali Oya menyediakan perahu untuk wisatawan. Hanya dengan membayar Rp15.000, Anda sudah bisa menyusuri Kali Oya. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan perbukitan yang indah air yang tampak jernih kehijauan dan tenang.

Pengunjung menaikin VW./Instagram @Wulenpari

VW Klasik

Berpetualang naik VW Klasik akan menjadi pengalaman yang berkesan. Selama perjalanan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menyegarkan mata di sekitar Patuk seperti Gunung Api Purba, Desa Wulenpari, Gunung Ireng, serta perkebunan warga.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi wisata kerajinan tangan pembuatan topeng bobung. Untuk menikmati pengalaman seru ini, Anda cukup membayar Rp150.000 per orang. 

Kuliner Pedesaan

Di Wulenpari, Anda juga bisa menikmati kuliner tradisional khas Jawa dengan rasa manis, gurih, dan kaya akan rempah yang memanjakan lidah. Adapun menu unggulannya adalah ayam ingkung utuh dan aneka wedangan.

Harga minuman dibanderol mulai dari Rp7.000 dan makanan mulai dari Rp15.000. Akan sangat mengasyikkan ketika menikmati kuliner di alam terbuka yang sejuk dan asri. 

Sebagai informasi, wisata Wulenpari buka setiap hari dari pagi hingga malam dan tutup pada hari Selasa. Jam buka mulai dari 09.00-20.00 WIB dan last order pukul 18.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Makan Gorengan Saat Buka Puasa Bagi Penderita Maag Aman, Ini Penjelasannya

Lifestyle
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement