Advertisement

Tour de Kotabaru, Paket Wisata Baru di Jogja

Triyo Handoko
Selasa, 19 Juli 2022 - 16:37 WIB
Bhekti Suryani
Tour de Kotabaru, Paket Wisata Baru di Jogja Bulevar di tengah-tengah Jl. Suroto, Kotabaru, Senin (17/9/2018). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Dinas Pariwisata (Dispar) Jogja mengembangkan paket wisata baru khusus di Kotabaru. Paket wisata tersebut bertajuk Tour de Kotabaru. Total ada empat model wisata yang dikembangkan. Yaitu jelajah kuliner, wisata belanja, kunjungan sejarah dan budaya, dan wisata kecantikan.

Kepala Dispar Jogja Wahyu Hendratmoko mengatakan pengembangan wisata Kotabaru sebagai usahanya meningkatkan pariwisata Jogja. “Wisata di kota ini memang terbatas, tapi dengan keterbatasan tersebut kami maksimalkan yang ada seperti di Kotabaru yang memiliki potensi sejarah yang kuat dengan bangunan-bangunan cagar budayanya,” jelasnya, Selasa (19/7/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA: KPK Dalami Arahan Haryadi Suyuti Memuluskan Izin Proyek Apartemen di Jogja

Dibandingkan kabupaten lain di DIY, jelas Wahyu, Jogja minim sekali wisata alam yang bisa dikembangkan. “Meskipun begitu dengan inovasi dan kreativitas kami upayakan yang terbaik untuk pariwisata Jogja salah satunya dengan Tour de Kotabaru ini,” ujarnya.

Selain bangunan bersejarah dan cagar budayanya, menurut Wahyu, Kotabaru memiliki potensi wisata lain yang bisa dioptimalkan yaitu wisata perbelanjaan dan kecantikan. “Riset kami menunjukan kalau potensi tersebut bisa dimaksimlkan lagi karena ada beberapa pusat perbelanjaan dan klinik kecantikan di sana,” katnaya.

"Ada banyak pusat beraktivitas shopping di Kotabaru, seperti Galeria, Gramedia, dan pertokoan lain. Kami sebut dengan Tour de belanja. Kemudian kawasan Kotabaru juga jadi pusat kecantikan, salon kecantikan banyak di sekitar Kotabaru. Pusat kesehatan juga tidak jauh dari Kotabaru, sehingga bisa menjadi Tour de estetik," ungkapnya.

Sedangkan bangunan bersejarah dan cagar budaya, jelas Wahyu, akan dikembangakn sebagai wisata edukasi. “Kami mendorong agar paket wisata ke Kotabaru itu nggak perlu mahal. Harapan kami dengan adanya paket wisata ini bisa membuat wisatawan extend lebih lama di Jogja," tandasnya

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

72 Festival di Jogja Hasilkan Ratusan Miliar Rupiah, Regulasi Kerap Jadi Penghambat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement