Advertisement

7 Tips Lakukan Island Hopping yang Aman dan Nyaman di Indonesia!

Media Digital
Jum'at, 05 Agustus 2022 - 13:17 WIB
Budi Cahyana
7 Tips Lakukan Island Hopping yang Aman dan Nyaman di Indonesia! Ilustrasi berwisata di pulai. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Negeri kita Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat indah. Ada lebih dari 17 ribu pulau yang membentang di seluruh wilayah Indonesia. Itulah kenapa island hopping di sini bisa sangat melelahkan, tapi pastinya akan sangat seru dan berkesan.

Bagi Anda yang ingin mencoba melakukan island hopping, jangan khawatir, kami siap memandu Anda. Dari cara memesan tiket maskapai terpopuler seperti Air Asia sampai apa yang harus dikemas dalam koper, kami memiliki beberapa tips penting yang perlu Anda catat. Jadi, Anda dapat menghemat banyak waktu untuk merencanakan acara island hopping.

Namun, sebenarnya apa itu island hopping? Bagi yang belum tahu, ini adalah cara berwisata yang seru dari pulau ke pulau. Jadi, Anda tidak hanya berhenti di satu pulau, berlibur di sana, lalu pulang, akan tetapi Anda akan “hopping” alias “lompat” dari satu pulau ke pulau lain.

Tentu saja island hopping idealnya dilakukan di area kepulauan yang cukup berdekatan. Nah, Indonesia punya banyak area kepulauan semacam itu yang layak dikunjungi. Soal destinasi terserah Anda, yang pasti Anda perlu mengingat beberapa tips dari kami berikut ini.

1.   Feri Adalah Cara Menyenangkan untuk Menjelajahi Pulau

Dari ibu kota Jakarta, Anda bisa naik feri dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni di pulau tetangga Sumatra. Nah, di Sumatra ada banyak pilihan untuk island hopping, salah satunya adalah Belitung yang mana terdapat banyak pulau kecil nan indah seperti Pulau Babi Kecil, Pulau Batu Berlayar, Pulau Lengkuas, dan lainnya.

Jika Anda ingin pergi ke pulau Bali melalui jalur air, Anda bisa menuju Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi terlebih dahulu dan menikmati perjalanan laut selama sekitar 45 menit menuju Pelabuhan Gilimanuk di Bali Barat. Dari Bali, Anda bisa melanjutkan ke pulau-pulau kecil di sana atau langsung saja beranjak ke Nusa Tenggara Barat dan Timur.

2.   Penerbangan Lokal Bisa Membuat Island Hopping Makin Seru

Kalau Anda sering mabuk laut dan enggan memakai jalur laut, maka pakai jalur udara saja. Ada banyak maskapai lokal di sini. Tiketnya juga mudah dicari, bisa dipesan langsung dari aplikasi pemesanan tiket pesawat seperti Traveloka. Hanya beberapa menit saja, tiket sudah bisa tercetak.

Dengan menggunakan jalur udara, Anda bisa menjangkau beberapa wilayah kepulauan yang agak terpencil namun menyembunyikan keindahan luar biasa. Hanya saja, jangan lupa untuk datang dua jam lebih awal di bandara agar penerbangan Anda lancar.

3.   Pilih Pulau yang Akan Dikunjungi Terlebih Dahulu

Apakah Anda ingin menikmati keindahan alam, menyelam, berselancar, atau sekadar bersantai di pantai? Kabar baiknya adalah banyak pulau di Indonesia yang bisa mengakomodir seluruh selera dan tema wisata Anda. Jadi, saran kami adalah rencanakan rute island hopping Anda jauh-jauh hari.

Butuh rekomendasi? Lombok adalah tempat yang bagus untuk memulai wisata island hopping di Indonesia, dengan berhenti di gili-gili cantik yang ada di sana, misalnya Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air.

Advertisement

Karimunjawa juga layak dicoba karena Anda bisa menikmati keindahan pulau-pulau kecil di sana dalam waktu satu hari. Biasanya sudah ada paket tour yang menawarkan island hopping dalam sehari untuk wisatawan.

4.   Jangan Takut Menjelajah Pulau-Pulau Kecil

Indonesia adalah destinasi wisata populer dengan banyak pulau kecil nan terpencil yang sedang naik daun yang layak dikunjungi. Suka berselancar tetapi enggan dengan keramaian pulau Dewata? Cobalah Sumbawa untuk menemukan beberapa tempat selancar terbaik di wilayah ini.

Ingin menikmati banyak pulau sekaligus dalam sekali jalan santai naik motor? Malang adalah tujuan Anda. Di sana ada Jalur Lintas Selatan, di mana di sepanjang jalan terdapat banyak pantai indah yang memanjakan mata.

Advertisement

5.   Packing untuk Island Hopping di Indonesia

Ada beberapa benda yang kami sarankan untuk Anda bawa ketika island hopping, di antaranya adalah:

  • Botol minum yang dapat diisi ulang untuk mengurangi sampah plastik
  • Tisu
  • Jaket anti air
  • Dry bag untuk mengangkut barang berharga apa pun di atas kapal
  • Cover smartphone tahan air
  • Powerbank yang kuat
  • Sepatu hiking
  • Obat-obatan ringan seperti minyak kayu putih dan obat anti mual.

6.   Kapan Waktu Terbaik untuk Island Hopping?

Umumnya, waktu terbaik untuk island hopping di Indonesia adalah antara bulan April dan Oktober. Sebagai negara tropis, Indonesia hanya punya dua musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. April sampai Oktober adalah musim kemarau, sangat ideal untuk island hopping!

7.   Pastikan Anda Membawa Uang Tunai

Di tempat-tempat yang terpencil jauh dari kawasan kota, Anda akan kesulitan menemukan ATM. Jadi, jangan lupa bawa beberapa uang tunai secukupnya dan simpan di tempat yang aman.

Akan tetapi, jangan simpan semua uang Anda di dompet. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sebarkan tempat penyimpanan uang Anda, mulai dari di dompet, saku kanan, saku kiri, saku belakang, tas, dan jaket.

Advertisement

Itulah beberapa tips dari kami untuk island hopping di Indonesia, pasti seru dan menarik. Jadi sebelum jauh-jauh ke negeri lain, jelajahi dulu keindahan negeri sendiri! (***)

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Cara Ngadu Langsung ke Presiden Jokowi, Gratis!

Jogja
| Senin, 15 Agustus 2022, 09:37 WIB

Advertisement

alt

3 Zodiak yang Mudah Jatuh Cinta, Kamu Termasuk?

Lifestyle
| Senin, 15 Agustus 2022, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement