Advertisement

Paspor Indonesia Tanpa Kolom Tanda Tangan untuk Permohonan Visa Jerman Tetap Diproses

Szalma Fatimarahma
Kamis, 18 Agustus 2022 - 15:27 WIB
Jumali
Paspor Indonesia Tanpa Kolom Tanda Tangan untuk Permohonan Visa Jerman Tetap Diproses Ilustrasi Paspor. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Kedutaan Besar Jerman di Jakarta menyatakan bahwa paspor Indonesia yang tidak dilengkapi dengan kolom tanda tangan dapat diajukan dan diproses untuk keperluan permohonan visa Jerman.

"Berlaku segera, paspor Indonesia tanpa kolom tanda tangan standar dengan (penambahan) tanda tangan dengan pengesahan oleh otoritas imigrasi Indonesia dapat diproses," tulis Kedubes Jerman dalam keterangan resminya, dikutip dari laman jakarta.diplo.de, Kamis (18/7/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kebijakan tersebut ditetapkan setelah pihak Kementerian Dalam Negeri Federal Jerman (BMI) berkomunikasi dengan pihak kepolisian setempat untuk dapat meloloskan warga negara Indonesia (WNI) yang dinyatakan telah memiliki visa Jerman.

Kendati demikian, Kedubes Jerman di Jakarta tetap merekomendasikan kepada masyarakat yang ingin melakukan perjalanan ke Jerman untuk dapat terlebih dahulu mengurus keperluan penambahan tanda tangan yang disahkan oleh otoritas imigrasi Indonesia.

Adapun keluhan penolakan paspor WNI oleh Kedubes Jerman pertama kali diungkapkan oleh pengguna akun Twitter @gesgandenglah pada 11 Agustus 2022 lalu.

"Hallo, @ditjen_imigrasi, saya mau tanya dong, kenapa bisa ya imigrasi mengeluarkan paspor yang tidak bisa valid di Kedutaan Jerman? Mereka bilang kalau paspor Indonesia tidak sesuai dengan aturan internasional. Kami ditolak dengan alasan tidak ada kolom tanda tangan di bagian lembar terakhir," cuit warganet tersebut di Twitter.

Menanggapi hal tersebut, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM langsung menghubungi pihak Kementerian Luar Negeri guna menyampaikan permasalahan penolakan paspor milik WNI oleh Jerman.

Pembicaraan ini akhirnya menghasilkan solusi yaitu masyarakat dapat menerakan tanda tangan pada halaman endorsement paspor untuk keperluan imigrasi.

Advertisement

"Bagi WNI [Warga Negara Indonesia] dengan paspor tanpa kolom tanda tangan dan ingin bepergian ke Jerman dan sekitarnya dapat melakukan endorsement tanda tangan," tulis Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Amran Aris dalam keterangan resminya seperti dikutip pada Kamis (18/8/2022).

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Cegah Longsor di Bukit Bintang, Bahu Jalan Akan Diperkuat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement