Advertisement

Pantai Nglambor, Tempatnya Menikmati Biota Laut Gunungkidul

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 17 September 2022 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pantai Nglambor, Tempatnya Menikmati Biota Laut Gunungkidul Ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Gunungkidul menjadi surganya wisata pantai DIY. Bagaimana tidak? Mulai dari ujung barat hingga timur, terjajar pantai-pantai indah dengan ciri khasnya masing-masing.

Salah satu pantai yang cukup dikenal wisatawan baik domestik maupun mancanegara adalah Pantai Nglambor. Pantai ini berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Salah satu ciri khas pantai ini adalah pemandangan biota bawah laut yang bisa dinikmati dengan snorkeling. Pantai ini memiliki ombak yang cenderung kecil dan arus laut yang tenang sehingga aman untuk menikmati ikan dan biota laut lainnya.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Banyak terumbu karang yang hidup di dasar pantai ini. Untuk itu, wisatawan perlu hati-hati agar tidak sampai menginjak karang dan terluka.

Dilansir dari visitingjogja.jogjaprov.go.id, Pantai Nglambor termasuk pantai yang aman untuk berenang berkat dua batu karang raksasa yang menjadi pemecah ombak.

Baca juga: Penataan Kawasan Pantai Gunungkidul Sengaja Dihentikan, Kapan Dilanjutkan?

Pantai Selatan Jogja berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga menghasilkan ombak pantai yang cukup besar dan disarankan untuk tidak berenang di laut. Namun berkat dua karang besar yang dinamai Watu Kalong dan Watu Kuntul, air laut yang sampai Pantai Nglambor menjadi lebih tenang.

Pasir Pantai Nglambor putih bersih. Bagi wisatawan yang tidak ingin bermain air bisa menjajal wahana lain yang tersedia.

Pengunjung bisa memacu adrenalin dengan menaiki bukit dan melihat pemandangan dari atas. Ada pula jembatan gantung yang bisa dilewati untuk menyebrang ke bukit-bukit. Cocok bagi penggemar trekking.

Advertisement

Fasilitas yang ada pun cukup lengkap dari warung atau tempat makan, toilet, kamar mandi, hingga musholla. Semua fasilitas ini dikelola oleh warga Gunung Kidul sendiri.

Berminat ke Nglambor?

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Peringati HUT Ke-92, Gereja Santa Theresia Brosot Gerakkan Persaudaraan

Kulonprogo
| Rabu, 05 Oktober 2022, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Slow Food, Gerakan Kembali ke Pangan Lokal

Lifestyle
| Selasa, 04 Oktober 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement