Advertisement

Mengenal The Seoul Central Mosque, Masjid Pertama di Korea Selatan yang Ada di Itaewon

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 01 November 2022 - 15:07 WIB
Bhekti Suryani
Mengenal The Seoul Central Mosque, Masjid Pertama di Korea Selatan yang Ada di Itaewon The Seoul Central Mosque - tripadvisor

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Terdapat 8 masjid dan beberapa islamic center lainnya di Korea Selatan yang tersebar di berbagai tempat mulai dari Seoul, Busan dan beberapa tempat lainnya.

Tapi, masjid pertama yang dibangun di Korea Selatan, ternyata terletak di Itaewon, tempat terjadinya tragedi ratusan orang meninggal dunia dalam perayaan halloween beberapa waktu lalu. Itu adalah The Seoul Central Mosque.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

The Seoul Central Mosque terletak di pusat kota Seoul di Itaewon, dan merupakan masjid permanen pertama yang terletak di Korea Selatan dan merupakan satu-satunya masjid di Seoul.

Masjid ini dibangun pada tahun 1976, dengan bantuan pemerintah Korea dan kontribusi moneter yang besar dari Arab Saudi dan negara-negara Islam lainnya.

Masjid ini memiliki tiga lantai yang memiliki fungsi berbeda. Di lantai satu terdapat kantor Federasi Muslim Korea dan ruang pertemuan, sedangkan ruang sholat di lantai dua dan tiga. Di tempat ini juga dibangun madrasah yang digunakan sebagai lembaga pendidikan Islam untuk anak-anak, Pusat Penelitian Kebudayaan Islam dan organisasi Islam lainnya.

Masjid Pusat Seoul dibuka pada 21 Mei 1976, di lingkungan Itaewon Seoul. Itu ditempatkan secara strategis di jantung kota Seoul yang telah menjadi tempat wisata selama bertahun-tahun. Lantai pertama masjid adalah kantor Federasi Muslim Korea dan ruang pertemuan. Di lantai dua adalah musala laki-laki (ruang shalat), dan di lantai tiga adalah bagian shalat perempuan.

Komunitas Muslim di Korea Selatan berkembang pesat dari hari ke hari. Setiap bulan, ada beberapa warga Korea Selatan yang memeluk Islam di sini. Selain sebagai pusat jamaah, masjid ini terbuka bagi pengunjung untuk menyebarkan dakwah tentang Islam dan budaya Islam.

Pembangunan Annex Hall yang baru menelan biaya sekitar USD 1,0 juta dan progresnya masih berlangsung dengan 30%. 

Advertisement

Jika Anda ingin mengunjungi masjid tersebut, Anda bisa naik Subway Line 6 ke Stasiun Itaewon (Pintu Keluar 3). Dari pintu keluar, lanjutkan sejauh 110 meter dan belok kanan ke Usadan-ro.Lanjutkan sejauh 170 meter dan belok kiri ke Usadan-ro 10-gil.Lanjutkan sejauh 200 meter ke mencapai masjid di sebelah kiri.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

72 Festival di Jogja Hasilkan Ratusan Miliar Rupiah, Regulasi Kerap Jadi Penghambat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement