Advertisement

Mantap! Sandiaga Promosikan Pariwisata Indonesia di Piala Dunia 2022

Annasa Rizki Kamalina
Minggu, 04 Desember 2022 - 17:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mantap! Sandiaga Promosikan Pariwisata Indonesia di Piala Dunia 2022 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. - Bisnis.com/Janlika

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan momentum Perhelatan FIFA World Cup Qatar 2022 dimanfaatkan oleh Kemenparekraf sebagai peluang Indonesia untuk melakukan promosi pariwisata dan produk ekonomi kreatif.

Bentuk promosi tersebut dalam bentuk mengampanyekan “It’s Time for Bali”, “Kick-off Your Wonderful Journey in Indonesia”, “Your Next Ultimate GOAL: Indonesia” dan “DIVE All The Excitement of Indonesia” dilengkapi dengan Bahasa Arab dan latar belakang Bali dan 5 Destinasi Super Prioritas, yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

Advertisement

“Kami berharap Piala Dunia FIFA akan sukses dan membawa banyak peluang serta potensi kolaborasi dan kerja sama antara kedua negara. Kita bisa ikut andil dalam menyiapkan produk-produk kreatif anak bangsa dan mempromosikannya kepada dunia,” kata Sandiaga saat kunjungan kerja ke Doha, Qatar, dikutip dalam keterangan resmi, Sabtu (3/12/2022).

Adapun kunjungan yang dilakukan pada 1 Desember 2022 tersebut, Sandiaga mengungkapkan setidaknya total estimasi viewer kampanye tersebut sebanyak 2,3 juta orang melalui publikasi media luar ruang (DOOH) di tiga titik strategis berdekatan dengan stadium World Cup di Lusail Gateways, The Torch, Al Amiri Interchange & Bus Advertising.

Baca juga: Dua Jembatan Akan Dibangun untuk Hubungkan Prambanan dengan Gunungkidul

Untuk diketahui pada 2023, Kemenparekraf menargetkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak dua kali lipat dibandingkan 2022, yakni sebesar 3,5 juta hingga 7,4 juta kunjungan dengan perolehan devisa sebesar US$914 juta hingga US$3,50 miliar.

Aktivitas promosi ini diharapkan dapat meningkatkan awareness masyarakat internasional terhadap Indonesia dan memperkuat branding Indonesia sebagai destinasi unggulan dan penghasil produk ekonomi kreatif berkualitas yang wajib dikunjungi.

Selain monitoring promosi branding Wonderful Indonesia pada media luar ruang yang dapat dilihat oleh seluruh wisatawan dunia yang datang ke Qatar dalam rangka FIFA World Cup 2022, Menparekraf juga melakukan business meeting dengan Qatar Airways, Qatar Investment Authority (QIA), Power International Holding (PIH), para travel agent & tour operator Timur Tengah, serta pertemuan dengan diaspora dan para mahasiswa/pelajar Indonesia di Doha, Qatar.

“Berbagai pertemuan bisnis yang dilakukan di Qatar ini diharapkan dapat mendatangkan minat para investor dan stakeholder terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia serta dapat menjalin kerja sama dengan mitra bisnis pariwisata di Qatar untuk mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja yang ditargetkan sebanyak 1,1 juta tahun ini dan 4,4 juta di 2024,” kata Menparekraf.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) untuk periode Oktober 2022, jumlah kunjungan wisman dari negara-negara di Timur Tengah, termasuk Qatar, sebanyak 8.960 kunjungan dengan rata-rata lama tinggal sebesar 15,26 hari.

Negara-negara Timur Tengah menjadi negara ketiga dengan rata-rata lama tinggal terpanjang setelah Eropa (16,94 hari), dan Afrika (15,41 hari).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Makan Gorengan Saat Buka Puasa Bagi Penderita Maag Aman, Ini Penjelasannya

Lifestyle
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement