Advertisement

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Lajeng Padmaratri
Rabu, 07 Desember 2022 - 23:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur Huangjuewan Overpass di China. / Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, CHONGQING—Di China, ada jalan layang yang dinobatkan sebagai jalan layang paling rumit dan membingungkan di seluruh dunia. Pasalnya, jalan layang itu memiliki banyak persimpangan serta tingkatan.

Jalan layang yang bernama Huangjuewan Overpass itu terletak di Chongqing, China. Huangjuewan Overpass memiliki 20 jalan melandai yang terjalin dalam lima tingkat dan menghubungkan 3 jalan tol utama. Begitu banyaknya jalan yang terhubung, jalan layang ini dianggap sebagai jalan layang paling rumit di dunia.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Melansir Oddity Central, foto Huangjuewan Overpass pernah viral ketika pertama kali muncul di internet beberapa tahun yang lalu. Foto tersebut menimbulkan keheranan, terutama di kalangan pengendara yang khawatir salah jalur.

Banyak yang bertanya-tanya bagaimana pengemudi yang kurang berpengalaman bisa menemukan jalur yang benar untuk dipilih. Bahkan bagi pengemudi yang mengaku berpengalaman, jalan layang ini akan terlihat sedikit menakutkan pada pandangan pertama.

“Anda harus berkeliling seluruh kota jika mengambil tanjakan yang salah,” komentar seorang pengendara pada foto Huangjuewan Overpass beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, warganet juga bertanya-tanya apakah sistem GPS mereka dapat membantu melintasi jalan layang itu dan mampu membedakan lima tingkatannya.

Pembangunan Huangjuewan Overpass selesai pada 2017, setelah perencanaanya dilakukan selama 5 tahun dan tujuh tahun pekerjaan konstruksi. Meski terlihat rumit, namun Huangjuewan Overpass ini diklaim sebagai keajaiban arsitektur.

Perancang utamanya, Liu Bangjun, menegaskan bahwa kekhawatiran pengendara soal kesulitan navigasi di atas jalan layang itu tidak berdasar. Menurutnya, Huangjuewan justru dibangun untuk memudahkan navigasi.

Ia menjelaskan jembatan layang ini menghubungkan tiga jalan bebas hambatan serta jalan raya regional lainnya. Perancang juga sudah memperhitungkan kesalahan manusia dan menambahkan jalur landai tambahan untuk membantu pengemudi berbelok lebih cepat.

Menurut Liu, jika salah memilih jalur, pengendara memiliki opsi keluar dalam waktu 10 menit dengan mengikuti rambu-rambu jalan yang sudah dipasang dengan sangat jelas, sehingga pengemudi tidak perlu terlalu khawatir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pemahaman tentang Kanker Akan Turunkan Risiko Kematian

Sleman
| Senin, 06 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Bahaya Tidak Melepas Anting saat Tidur

Lifestyle
| Selasa, 07 Februari 2023, 04:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement