Advertisement

Gibran Ingin Jadikan Solo sebagai Kota Konser

Newswire
Jum'at, 13 Januari 2023 - 14:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Gibran Ingin Jadikan Solo sebagai Kota Konser Kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Solo. (Dok Solopos)

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka ingin menjadikan Solo sebagai kota konser. Hal itu untuk mendongkrak perekonomian daerah.

"Kami lagi mulai semua, memperbanyak destinasi baru. Kemarin mas Anas [promotor konser] mendatangkan Dream Theater di Manahan, besok [Maret] Deep Purple di Edutorium UMS. Kami perbanyak destinasi, memperbanyak ruang untuk konser karena Solo hidupnya dari event," katanya di Solo, dikutip dari Antara, Jumat (13/1/2023). 

Advertisement

Ia mengatakan pelaksanaan event mendatangkan dampak positif bagi perekonomian Kota Solo.

"Lihat saja nanti bulan Februari BI atau BPS akan segera mengeluarkan data pertumbuhan ekonomi. Kami meyakini pertumbuhan ekonomi Solo paling tinggi se-Jateng. Saat ini Solo sedang berbenah, saya juga senang teman-teman EO (event organizer) berbondong-bondong mengadakan event di Solo," katanya.

Sebagai upaya merealisasikan misi tersebut, pihaknya juga tengah menyiapkan tempat untuk konser outdoor serta penambahan venue yang saat ini sudah ada.

Baca juga: Kulonprogo Makin Sering Dilanda Bencana

"Saya inginnya event di Solo nggak berhenti. Saya juga sedang mengejar beberapa penampil yang funbase-nya anak-anak muda. Sekali-sekali harus datangin KPop, soalnya (konser KPop) nggak pernah keluar dari Jakarta. Belum akan saya sebutkan [artisnya], masih saya kejar," katanya.

Ia mengatakan event-event seperti itu mampu menghidupi Kota Solo karena semua sektor ekonomi merasakan dampak positifnya.

"Harapannya kegiatan-kegiatan seperti ini tidak berhenti karena multiplier efeknya sangat terasa. 2023 ini tahun yang lebih berat, saya yakin dengan sistem kerja seperti tahun kemarin kami bisa survive dan menghindari resesi," katanya.

Sementara itu, bukan hanya menjadikan Solo sebagai kota konser tetapi Gibran juga ingin menjadikannya sebagai kota rekaman menyusul revitalisasi studio musik pertama di Indonesia Lokananta yang akan selesai pada April 2023.

"Nanti April jadi, masih lama. Kalau sekarang saya lihat sedang dilakukan pembangunan gedung utama sama gedung rekaman, ampliteater segera dibangun juga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pembangunan Sleman Fokus Pada Isu Kemiskinan dan Kesejahteraan

Sleman
| Jum'at, 27 Januari 2023, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Tips Mendapatkan Hasil Riasan yang Flawless bagi Pemula

Lifestyle
| Jum'at, 27 Januari 2023, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement