Advertisement

TWC Sebut Gerbang Gajah Jadi Etalase Wisata Super Prioritas Borobudur

Newswire
Rabu, 15 Februari 2023 - 09:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
TWC Sebut Gerbang Gajah Jadi Etalase Wisata Super Prioritas Borobudur Gerbang Gajah di Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang sebagai penanda kawasan Borobudur dari sisi barat - ANTARA/HO\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—Community Center Kembanglimus (Gerbang Gajah) di Desa Kembanglimus, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, bisa menjadi etalase baru destinasi pariwisata super prioritas Borobudur. Hal tersebut disampaikan General Manager Unit Borobudur, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) Jamaludin Mawardi.

"Gerbang Gajah saya kira kalau sudah dioperasionalkan baik itu oleh pemerintah daerah Kabupaten Magelang atau nanti turunnya ke Pemerintah Desa Kembanglimus akan menjadi pelengkap wisata Borobudur dari arah barat," katanya dikutip dari Antara, Rabu (15/2/2023). 

Advertisement

Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyerahkan pengelolaan sementara Gerbang Gajah kepada Pemerintah Desa Kembanglimus.

Menurut Jamaludin lokasi Gerbang Gajah posisinya strategis, sebelum masuk ke kawasan Borobudur ada penanda dan gerbang ini berbeda dengan gerbang sisi timur karena dilengkapi sarana prasarana lain yang mendukung pengembangan pariwisata.

Baca juga: Di Negara Ini, Kereta Api Bisa Dicegat Seperti Naik Bus Kota

"Dua gerbang yang berada di Blondo dan Palbapang hanya sebagai penanda masuk kawasan Borobudur saja," katanya.

Kalau di Gerbang Gajah ini bisa dikembangkan menjadi semacam rest area yang bisa menjadi pendukung destinasi Borobudur, sehingga penyebaran wisatawan tidak harus semua ke Candi Borobudur.

"Stop dulu di sini dan ada aktivitas yang bisa dilakukan masyarakat, saya melihat lokasinya juga sangat potensial untuk dikembangkan penyelenggaraan event pariwisata, terutama untuk skala regional Kabupaten Magelang itu bisa dilakukan di sini," katanya.

Lokasi Gerbang Gajah yang menempati lahan sekitar 1,5 hektare di Kembanglimus ini dilengkapi sejumlah fasilitas, antara lain lokasi parkir bisa menampung puluhan mobil, hall multifungsi, sejumlah kios, dan panggung terbuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pilkada Kulonprogo: Pendaftaran Panwascam Dibuka, Kebutuhan Formasi Menunggu Hasil Tes

Kulonprogo
| Sabtu, 27 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Hindari Minum Teh Setelah Makan, Ini Risikonya bagi Tubuh

Lifestyle
| Jum'at, 26 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement